Apel HUT Proklamasi di SMAN 2 Banjarmasin Dikuti 34 Provinsi

Debat Bahasa yang berlangsung di SMAN 2 Banjarmasin ( Foto : Azka/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel – Ada yang menarik Apel Upacara bendera HUT RI ke 74 di SMAN 2 Banjarmasin, sebab 34 provinsi yang diwakili para siswa dan siswi dari daerah masing-masing berkumpul dihalaman SMAN 2 Banjarmasin melaksanakan Upacara Bendera.

Berkumpulnya siswa dan siswi dari 34 Provinsi tersebut dikarenakan Kalimantan Selatan menjadi tuan rumah Lomba Debat Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris tingkat nasional yang berlangsung pada tanggal 15 sampai 20 Agustus di beberapa lokasi di Banjarmasin dan Banjarbaru.

Kepala Sekolah SMAN 2 Banjarmasin Drs.H Bakhtiar mengatakan, Ditunjuknnya SMAN 2 Banjarmasin menjadi salah satu tuan rumah dalam lomba debat bahasa tersebut sangat membanggakan, sebab secara tidak langgsung para siswa SMAN 2 Banjarmasin melihat dan belajar bagaimana proses debat tersebut.

“Ada 17 ruang yang disediakan oleh SMAN 2 dalam proses pelaksanaan tersebut, baik untuk Juri, Uks, Istirahat dan lainnya,” katannya.Sabtu (17/8/2019).

Sementara Kabid Bina SMA Disdikbud Kalsel, Muhammadun,mengatakan untuk hari ini ada dua pelaksanaan debat Nasional tinggkat SMA di Banjarmasiin, di SMAN 7 dan SMAN 2 banjarmasin, semua berjalan lancar. Kegiatan lomba debat tersebut merupakan kehormatan bagi Kalsel bisa melaksanakannya, tentunnya ini sebuah motifasi agar para generasi muda lebih maju.

“Bahwa kalimantan Selatan itu yang kata Pak Gubernur adalah kalian Selamat,” katanya.

Dikatakannya lebih lanjut, Ada revolusi bahasa sesuai intruksi Pak Gubenur setiap Hari Jumat disekolah sekolah menggunakan Bahasa Inggris. “Jadi diharapkan di Era-Globalisasi generasi kita mampu bersaing,” tutupnnya.

Diuraikannya ada sebanyak 340 siswa, masing-masing diwakili 3 peserta debat Bahasa Indonesia, 3 peserta debat Bahasa Inggris, dan 3 pendamping. Dimana Kalsel akan diperkuat Tim Debat Bahasa Indonesia yakni Farah Para Wita Salihah dari SMAN 5 Banjarmasin, Gastin Gabriel Jangkang dari SMA Kristen Kanan serta Nasya Hafizah dari SMAN 1 Martapura.

Sedangkan Bahasa Inggris, tim tuan rumah akan diperkuat oleh M Mahramhafiz dari SMAN 7 Banjarmasin, M Fariz Edrus yang juga SMAN 7 Banjarmasin, serta Made Ayuning Ratna Saraswati dari SMAN 2 PARINGIN. (Azka)

Editor : Amran