Banjarmasin

Antisipasi Pecah Sambungan Pipa Lagi, PDAM Ganti Sambungan Dengan Baja

BANJARMASIN, klikkalsel – Pecahnya pipa PDAM Bandarmasih diduga disebabkan sobek dan lepasnya elbow sambungan pipa yang terdapat di kawasan Unit Instalasi Pengolahan Air (IPA) 2 di kawasan Jalan Pramuka Banjarmasin Timur, (9/9/2019).

Menurut Direktur Teknik Operasional PDAM Bandarmasih, H Supian pecahnya pipa tersebut diduga karena usia pipa yang sudah mencapai 15 tahun.

“Pipa yang pecah itu berjenis HDPE jadi kalau ada rembes dan ada tekanan kuat makan dia akan sobek yang berujung pada lepasnya sambungan pipa,” terangnya.

Baca Juga : Digeber 24 Jam Nonstop, Pipa PDAM Hampir Rampung Diperbaiki

Apalagi ujarnya posisi pecah atau lepasnya sambungan tersebut tak jauh dari pompa yang berfungsi mendorong air menuju Booster Sungai Andai dan Geriliya, sehingga tekanannya pasti sangat kuat.

Untuk menghindari hal tersebut terulang, ujar H Supian pihaknya telah mengganti elbow sambungan lama yang berjenis HDPE ke pipa jenis Steel (baja).

“Bedanya jenis steel ini kalau rembes, ya rembes saja. Tidak menyebabkan lepasnya sambungan. Namun kelemahannya pipa jenis Steel ini akan berkarat jika memasuki masa 20 tahun,” jelasnya.

Ia mengakui pihaknya tidak memiliki tekhnologi yang dapat mendeteksi kerusakan pipa yang tertanam dalam tanah untuk langkah antisipasi bocornya pipa.

Namun sebagai langkah agar kejadian pecahnya sambungan pipa, pihaknya akan melakukan invetarisir pipa-pipa yang telah memiliki usia di atas 15 tahun.

“Kalau ada dananya, akan langsung kita ganti,” tegasnya. (david)

Editor : Farid

1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Antisipasi Pecah Sambungan Pipa Lagi, PDAM Ganti Sambungan Dengan Baja - LOPE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top