Ansharuddin Hadiri HUT Disnakertran Sekaligus Buka Pelatihan BLK Balangan

Bupati Balangan, H Ansharuddin saat menghadiri HUT ke-3 Disnakertran Balangan.(foto : fitri/klikkalsel)

PARINGIN, klikkalsel.com- Bupati Balangan H Ansharuddin mengadiri HUT ke-3 Dinas Tenaga Kerja dan Tranmigrasi (Disnakertran).

Acara tersebut juga dikemas dengan pembukaan pelatihan berbasis kompetensi yang dilaksanakan Disnakertrans Balangan, di Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Balangan, Rabu (8/1/2020) di Desa Mampari, Kecamatan Batumandi.

Kegiatan pembukaan dan penutupan pelatihan dirangkai dengan perayaan HUT ke-3 Disnakertran Balangan dihadiri juga Ketua DPRD Balangan, Ahsani Fauzan dan sejumlah Kepala SKPD lingkup Pemkab setempat.

Peserta pelatihan diikuti 96 orang yang terbagi dalam enam kejuruan, yakni komputer, desain grafis, las listrik, menjahit, instalasi listrik dan otomotif.

Adapun yang sudah selesai mengikuti pelatihan atau yang dilepas sebanyak 32 orang dari dua kejuruan, yakni operator basis office dan las listrik.

Bupati Balangan H Ansharuddin menyampaikan, visi pembangunan Balangan adalah terwujudnya Balangan yang maju dan sejahtera melalui pembangunan sumber daya manusia.

“Misi pertama kita, meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Prioritas teratas kita, pembangunan kualitas sumber daya manusia. Kita bangun manusianya dulu, kemudian manusia yang berkualitas tinggi itu nanti akan mengelola sumber daya-sumber daya yang lain untuk mempercepat roda pembangunan daerah,” terangnya.

Itu sebabnya, Balangan mendukung semua upaya yang bertujuan untuk mencetak dan memupuk manusia-manusia yang terampil, gigih dan memiliki semangat yang kuat untuk terus belajar meningkatkan kapasitas atau ketrampilan diri, termasuk dalam bekerja maupun menjalankan usaha.

Daerah Balangan terus berkembang. Kehidupan masyarakat semakin maju, sehingga kebutuhannya tidak lagi hanya dapat dipenuhi dari aktivitas pertanian dan perkebunan saja.

Menurut Ansharuddin, semakin dirasakan dalam kehidupan sehari-hari, bahwa sangat memerlukan keberadaan para penyedia berbagai jenis jasa, yaitu orang-orang yang memiliki ketrampilan khusus yang dapat diandalkan untuk keperluan-keperluan yang khusus pula.

Ini merupakan peluang usaha yang tidak kalah besar potensinya bagi masyarakat yang berani meniti usaha.

Kebutuhan masyarakat yang terus dan semakin berkembang, selalu berarti peluang usaha yang juga bertumbuh semakin besar dari waktu ke waktu.

“Pelatiahn ketrampilan ini salah satunya, ini bisa menjadi modal untuk memulai kreatifitas dan membangun usaha ,untuk itu Saya s mengharapkan, agar setelah pelatihan ini, para peserta dapat benar-benar merasakan banyak tambahan pengetahuan dan ketrampilan yang berarti dalam dirinya, baik dalam kejuruan yang diajarkan maupun dalam kewira-usahaan,” jelasnya.

Kepada para peserta pelatihan baru akan menjalani pelatihannya, Ansharuddin berpesan agar benar benar mengambil ilmu yang telah dilatih dan diterapkan nantinya,

“Kami ucapkan selamat datang dan selamat belajar. Apa yang akan kalian peroleh nanti tergantung dari seberapa kuat niat dan fokus kalian terhadap pelatihan yang akan kalian ikuti. Jadi, bersungguh-sungguhlah mengikuti setiap sessi, jangan sekadar mengisi waktu karena masih menganggur,” tutup Ansharuddin.

Dalam acara tesebut dihadiri oleh Kepala Disnakertran Balangan, Akhmad Syarwani serta para perwakilan Instansi terkait dan stakeholder.

Dikesempatan tersebut, Bupati H Ansharuddin juga menyerahkan bantuan peralatan ketrampian diantaranya mesin jahit, kompresor dan peralatan pertanian.(fitri/adv)

Editor : Amran