Pemerintahan

Anggota DPR RI, Serahkan Mesin Pengolah Pakan Ikan Untuk KSM Kataruna dan KSM Bersatu

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, mengeluarkan inovasi mesin pengolah pakan ikan dari sampah organik.

Inovasi tersebut disosialisasikan pada kegiatan diseminasi teknologi pengolahan pakan ikan berasal dari sampah organik pada TPS 3R berbasis masyarakat di kelurahan Alalak dan Surgi Mufti kota Banjarmasin, di aula sanggar krida karang taruna (SKKT) Kelurahan Alalak Utara, Banjarmasin Utara, Sabtu (21/11/2020).

Ketua Tim Produk Teknologi yang didiseminasikan ke Masyarakat (PTDM) LPPM ULM, Dr Irwansyah mengatakan, bahwa pihaknya mengeluarkan Inovasi mesin pengolah pakan ikan yang berasal dari sampah organik.

“Kebetulan mitra kita ada dua, dan mitra kita ini merupakan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM), jadi kita coba mesinnya disini dan pengolahan pakan ikannya,” ujarnya.

Setelah dilakukan uji coba alat tersebut selanjutnya pihak LPPM ULM tersebut melakukan serah terima alat pengolah pakan ikan tersebut kepada KSM Bersatu dan KSM Kataruna oleh Anggota DPR RI Dapil Kalsel, H Hasnuryadi Sulaiman.

Usai penyerahan alat tersebut, Hasnur mengatakan, bahwa inovasi yang merupakan hasil karya anak asli banua ini sangat membanggakan.

“Mudah-mudahan alat ini bermanfaat terutama untuk KSM di Kelurahan Alalak dan Surgi Mufti,” ucap Hasnur.

Karena pengolahan pakan ikan ini dari sampah organik, maka guna mengurangi volume sampah organik di Banjarmasin, ia sangat berharap agar Inovasi ini bisa lebih di kembangkan lagi.

“Mudah-mudahan kita bisa lebih sadar untuk mengelola sampah dengan baik, karena dengan adanya inovasi ini pengurangan sampah organik bisa ditanggulangi dengan baik, mudah-mudahan inovasi ini bisa lebih baik lagi,” pungkasnya.(fachrul)

Editor : Amran

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top