Anggaran Pelaksanaan Festival Budaya Borneo dan Para Tamu Negara Luar, Disiapkan Rp1 Miliar Lebih

Sebagai Tuan Rumah Kalimantan Selatan menyediakan anggaran 1 Milyar lebih untuk pelaksanaan Festival Pesona Budaya Borneo 2. Foto saat keterangan Pers di Hotel Rattan Iin Banjarmasin (foto : azka/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel – Pelaksanaan Festival Pesona Budaya Borneo 2 yang rencana akan berlangsung di halaman eks Gubernur Kalsel Jalan Jenderal Sudirman Banjarmasin menelan biaya fantastis.

Selama lima hari digelar sejak Sabtu-Rabu (11-15 Agustus 2018), anggaran yang disiapkan sebesar Rp1 miliar lebih. Dana itu juga untuk para tamu negara luar.

Kabid Pengembangan Pemasaran Pariwisata pada Dinas Pariwisata Kalsel Faisal Rizani mengungkapkan, peserta festival memakai dana sendiri atau swadaya.

“Kita hanya menyiapkan anggaran pelaksanaan dan para tamu negara luar. Untuk dana Rp1 miliar lebih, namun kita memiliki laporan serta pertanggung jawaban yang harus disesuikan,” katanya

Dikatakannya pula, pemerintah Kalsel sangat mendukung acara tersebut, karena bisa mengenalkan budaya dan juga mengangkat budaya Kalsel.

“Semoga di tahun-tahun berikutnya bisa dilaksanakan tidak hanya di Kalsel saja tetapi Kalimantan lainnya,” katanya lagi.

Diperkirakan, saat even itu dibuka bakal dihadiri 2.000 peserta dan tamu undangan.

“Yang banyak mungkin para pesertanya. Sebab eluruh Kalimantan akan berhadir baik yang dari hulu-hulu sungai maupun hulu-hulu pegunungan, siap memamerkan ragam budaya yang dimilikinya,” kata Ketua Dewan Adat Dayak Kalsel H Difriadi Darjat pada keterangan pers nya di Hotel Ratttan Iin Kamis (9/8/2018).

Kemudian, kata dia, ditengah pelaksanaan kegiatan tepatnya pada Minggu, 12 Agustus 2018 ada acara yang sangat menarik perhatian masyarakat, yakni peserta akan menampilkan ragam budaya dengan Carnaval berkeliling kota Banjarmasin.

“Seluruh penampilan akan di pamerkan ke masyarakat, baik pakajan, tradisi, serta budaya secara defile, tentunya sangat menarik dan ini menandakan kita kaya dengan ragam budaya,” katanya. (azka)

Editor : Farid