Anang Syakfiani Apresiasi Sedekah Bumi Dusun Tohie Desa Uwie Muara Uya

Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani memberikan sambutan pada kegiatan Sedekah Bumi yang dilaksanakan di Dusun Tohie, Desa Uwie Kecamatan Muara Uya. (foto : arif/klikkalsel)

TANJUNG, klikkalsel – Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani membuka kegiatan Sedekah Bumi yang dilaksanakan di Dusun Tohie, Desa Uwie Kecamatan Muara Uya, Senin (5/8/2019).

Kegiatan sedekah bumi ini dalam rangka memperingati hari ulang tahun yang ke – 34 Dusun Tohie

Dalam kesempatan itu, Anang mengatakan kegiatan ini perlu diberikan apresiasi karena merupakan tradisi yang sangat bagus. Namun ia juga menekankan agar tidak melupakan kewajiban yaitu mengeluarkan sebagian penghasilan berupa zakat untuk warga yang berhak menerima.

“Kalau kita bersyukur maka rezeki semakin bertambah, dengan mengeluarkan sedekah dan infaq pasti nikmat akan bertambah,” katanya.

Selanjutnya, dengan dilaksanakan kegiatan seperti ini Anang berharap, desa dapat tumbuh berkembang dan semakin maju, memperoleh berkah yang lebih besar dan berlipat ganda jumlahnya, masyarakatnya lebih sejahtera. Diharapkan di masa datang akan lebih banyak yang di sedekahkan.

Ia pun berpesan, kedepannya kegiatan ini dapat dikonsep sebaik – baiknya agar lebih besar lagi, libatkan kecamatan, sehingga mampu menjaga dan melestarikan tradisi yang memiliki nilai berbasis budaya yang luhur.

“Nanti kita carikan waktunya, sehingga ini bisa menjadi kegiatan kabupaten, pada saat itulah kita bisa mengundang Gubernur atau pejabat yang lebih tinggi,” tandasnya.

Sementara, Pjs Kepala Desa Uwei, Alpian mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun sebagai wujud rasa mensyukuri atas karunia alam yang diberikan Allah SWT kepada warga Dusun Tohie.

Setiap Sedekah Bumi dilaksanakan warga kompak dengan kebersamaan yang ditunjukan dengan menyisihkan sebagian membawa berbagai macam hasil bumi.

Untuk itu ia mengajak warga masyarakat untuk saling bergandengan tangan agat Dusun Tohei Desa Uwei lebih maju dan masyarakatnya semakin sejahtera.

“Kekompakan dan kebersamaan warga desa harus kita pertahankan. Semoga desa lebih maju, masyarakatnya semakin sejahtera,” katanya.

Selanjutnya, usai pembacaan do’a, Bupati Tabalong di dampingi Dandim 1008 Tanjung, Letkol Arm Edy Susanto, Ketua Pengadilan Negeri Tanjung, Riyati Desiwati, melepas kirab Sedekah Bumi mengelilingi Dusun Tohei yang membawa hasil bumi seperti buah-buahan, umbi-umbian, sayur mayur, hingga alat pertanian. (arif/adv)

Editor : Farid