Anak Muda Harus Berperan Dalam Kegiatan Politik

Muhammad Yanuar Iqbal. (foto : Iqbal for klikkalsel)
Oleh : Muhammad Yanuar Iqbal
Relawan Pusaka Tabalong
Mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Jurusan Ilmu Komunikasi
TANJUNG, klikkalsel.com – Banyak anak muda yang sebenarnya memiliki pemikiran kritis, namun kebanyakan dari mereka bingung untuk menyampaikan hal tersebut kepada siapa.
Hal tersebut menyebabkan timbul rasa “malas” dalam diri mereka untuk mengajukan pendapat tersebut, karna tidak tahu harus menyampaikan pendapat tersebut kemana atau kepada siapa.
Namun sebagian anak muda yang mengetahui harus memberikan pendapat kepada siapa kadang tidak tepat sasaran mengapa demikian, mereka jarang melakukan pengecekan terhadap permasalahan yang meraka ketahui tersebut apakah Legislatif telah mengambil sikap atau belum terhadap permasalahan tersbebut.
Baca Juga : Pasien Sembuh Covid Meningkat
Alangkah lebih baik jika kita selaku anak muda yang cerdas, untuk tidak hanya berpikir secara kritis namun juga tepat sasaran mulai dari hal kecil yaitu ketahui siapa Anggota Legislatif yang terpilih di DAPIL kita.
Dan rangkul anak muda lain nya untuk bersama sama sama merancang bagiamana cara agar aspirasi masyakarat daerah kita di dengar dan diperjuangkan oleh Anggota Legislatif tersebut.
Perjuangkan aspirasi tersebut di saat masa Reses Anggota Legislatif tersebut, masa Reses adalah di mana Anggota Legislatif kembali ke DAPILnya untuk menyerap aspirasi masyarakat.
Namun sekarang jarang sekali di temui saat penyelenggaraan Reses di hadiri oleh Anak muda, kesan Reses di masyarakat adalah Datangnya Anggota Legislatif untuk melakukan pencitraan.
Padahal saat masa Reses, adalah peluang untuk masyarakat menyampaikan aspirasinya dan di tampung oleh Anggota Legislatif untuk di perjuangkan saat penyusunan Perda atau untuk kesejahteraan masyakaratnya sendiri.
Jika masa Reses di hadiri oleh banyak Anak Muda dan memberikan aspirasi serta jalan keluar terbaik menurut mereka maka diskusi akan berjalan baik dan hasil dari diskusi tersebut pasti di perjuangkan oleh Anggota Legislatif untuk kepentingan masyarkat.
Saya mengajak seluruh anak muda untuk terlibat dalam politik mulai sekarang ingatlah bahwa kita harus memilih Anggota Legislatif yang memang kita ketahui seperti apa orangnya.
Karna jika kita memilih orang yang benar benar kita tahu bukan karna “serangan fajar”, maka kita sendiri akan merasakan kesejahteraan di daerah kita beliau yang terpilih pasti akan kembali untuk menyerap aspirasi kita dan mendengarkan keluh kesah kita.
Berbeda hal dengan jika kita memilih tanpa tau siapa yang kita pilih atau bahkan memilih karna ada sebuah “amplop” di depan pintu, kita tidak akan merasakan kesejahteraan apapun jangankan datang untuk kembali, orang itu saja kita tidak mengenalinya bagaimana kita ingin berkeluh kesah?.
Sekali lagi saya mengajak seluruh lapisan masyarakat dan khusus kepada anak muda mulai berperan dalam politik, serta jangan terima lagi “serangan fajar” agar kita bisa memiliki Anggota Legislatif yang benar-benar bersih dan serius untuk memperjuangkan hak di DAPILnya.
Kesejahteraan bukan bisa kita dapat dari marah-marah di media sosial atau bahkan hanya menyalahkan Pemerintahnya saja, tapi kita akan mendapatkan kesejahteraan dari siapa yang kita pilih untuk mewakili suara kita di bangku Legislatif. (*)