Berita Utama

Alhamdulillah, 146 ODP Covid-19 Tabalong Selesai Karantina Dinyatakan Sehat

TANJUNG, klikkalsel.com – Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tabalong, dr Taufiqurrahman menyebutkan, hingga hari ini, Senin (6/4/2020) sudah ada 146 ODP yang sudah selesai masa pemantauan.
Sebagai bahan bukti, Taufiq mengatakan, warga yang sebelumnya berstatus ODP telah diberikan surat keterangan yang isinya menyatakan yang bersangkutan telah selesai menjalani masa karantina selama 14 hari dan sudah dinyatakan sehat.
“Sesuai petunjuk penanganan Covid-19 dari Kemenkes buku ke empat, itu memang ada format surat keterangan masa selesai karantina,” ujarnya.
Taufiq menjelaskan, pihaknya tidak sembarangan dalam mengeluarkan surat keterangan selesai masa karantina. Sebab, kalau selama 14 hari pasien masih menunjukkan gejala Covid-19 maka masa karantinya akan diperpanjang kembali.
“Kalau 14 hari itu masih ada gejala kami tidak akan mengeluarkan surat tersebut dan akan memperpanjang masa karantina lagi,” jelasnya.
Lebih lanjut Taufiq menyampaikan, nantinya surat keterangan tersebut nantinya dapat digunakan oleh masyarakat untuk berbagai macam keperluan.
Disamping itu, dengan adanya surat keterangan itu, ia juga berharap dapat menghilangkan anggapan negatif masyarakat terhadap mereka yang berstatus ODP.
“Ini digunakan untuk kebijakan – kebijakan misalnya PNS atau perusahaan bisa bekerja lagi dengan adanya surat tersebut. Disamping itu merubah stigma masyarakat dan tidak mengucilkan bahwa sebetulnya ODP itu belum positif Corona,” pungkasnya.
Sementara itu diketahui, hingga hari ini data perkembangan Covid-19 di Tabalong menyebutkan, dua terkonfirmasi positif virus corona, 103 PDP, 3 PDP ringan dan 146 sudah selesai pemantauan. (arif)
Editor : Akhmad

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top