Kesehatan

Akibat Banjir Orang Menderita ISPA Bisa Terpapar Covid-19

Kepala Dinas Kesehatan Banjarmasin, Dr Machli Riyadi

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Tingginya curah hujan dan kondisi air sungai yang meluap membuat sejumlah kawasan di Kota Banjarmasin terendam banjir, dimana berbagai penyakit bisa dengan mudah menyerang warga.

Di sisi lain, hingga sampai saat ini pandemi Covid-19 masih belum berakhir dan bahkan tren nya kembali meningkat.

Diterpa dua musibah tersebut, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) kota Banjarmasin, Dr Machli Riyadi mengingatkan kepada seluruh warga kota Banjarmasin agar tidak memaksakan diri untuk keluar rumah yang bisa mengakibatkan diserang penyakit seperti Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).

“Kita imbau kepada warga masyarakat yang saat ini sedang mengalami banjir untuk tidak memaksakan diri keluar rumah. Karena akibat banjir atau hujan berkepanjangan, orang yang memiliki riwayat ISPA bisa makin memburuk kondisinya,” ujar Machli, Jumat (15/1/2021).

Diterangkan Machli dengan pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini, orang dengan riwayat ISPA semakin besar risikonya untuk terjangkit Covid-19. “ISPA bisa memicu orang untuk terpapar Covid-19, karena penurunan daya tahan tubuh,” tuturnya.

Untuk itu ia kembali lagi mengimbau agar warga tidak keluar rumah. “Tidak perlu keluar rumah. Tidak usah keluar rumah di musim banjir begini, di rumah saja, aman,” pungkasnya. (fachrul)

Editor: David

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top