Ajak Masyarakat Sadar Kebersihan Lingkungan, Pemko Banjarbaru Bakal Kucurkan Dana Rp600 Juta

Walikota Banjarbaru Najhmi Adhani dan Wakil Darmawan Jaya foto bersama pemenang kantor yang berwawasan lingkungan.(foto : nuha/klikkalsel)

BANJARBARU, klikkalsel – Memperingari Hari Lingkungan Hidup (LH) Sedunia 2019, Pemko Banjarbaru melaksanakan kegiatan untuk memanamkan kesadaran menjaga lingkungan.

Berlangsung di Balai Serba Guna Kelurahan Guntung Paikat, Jalan Pandawa RT03 Banjarbaru Selatan, Senin (4/11/2019) malam. Acara tersebut dihadiri Walikota Banjarbaru Najhmi Adhani, Wakil Walikota Darmawan Jaya beserta istri masing-masing dan jajaran, serta dari BUMN, swasta, dan Ketua RT/RW Guntung Paikat.

Ketua Forum RT/RW se-Kelurahan Guntung Paikat Yatiman dalam sambutannya mengatakan, maksud kegiatan tersebut dalam rangka memperingati hari LH dan pentingnya peran masyarakat untuk kebersihan lingkungan.

“Tujuan utamanya peningkatan dan kesadaran kepada masyarakat,” ucapnya.

Yatiman menambahkan, adapun undangan yang disebar sekitar 500 orang untuk Ketua RT/RW serta masyarakat sekitar.

“Kita bersyukur ada antusiasme dari masyarakat, ini sebenarnya melakukan banyak kegiatan dalam satu acara. Pertama dalam rangka hari LH yang tertunda, tetapi kemudian digeser dan menjadi besar, karena bersamaan Launching Sepak Sampah (strategi penanganan sampah melalui Kelurahan sebagai basisnya),” ujar Najhmi Adhani saat acara usai.

Ia melanjutkan, malam hari ini Pemko Banjarbaru juga menyerahkan penghargaan untuk kantor yang berwawasan tentang lingkungan, dilanjutkan peresmian Balai Serba Guna.

“Sekaligus juga menyampaikan beberapa informasi terkait lingkungan melalui dialog bersama,” tuturnya.

Nadjmi Adhani mengungkapkan, persoalan lingkungan di Kota Banjarbaru merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat Kota Banjarbaru.

“Harus kita tangani bersama-sama, ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah tetapi juga harus melibatkan masyarakat luas. Kepedulain masyarakat, karena lingkungannya yang terkena dampak secara langsung, itu pesan yang ingin kita sampaikan,” terangnya.

Secara penghargaan, Pemko Banjarbaru termasuk yang peduli terhadap kebersihan lingkungan. Berbagai penghargaan se-Indonesia telah diraih, akan tetapi agar tidak berpuas diri dan lebih menggandeng masyarakat.

“Kekuatan kita adalah dukungan dan parsitiasi masyarakat,” ujarnya.

Untuk anggaran tahun ini, masing-masing Kelurahan mendapatkan anggaran sebanyak Rp340 – 370 juta. Pemko Banjarbaru rencananya akan memprogramkan penambahan jumlah nominalnya pada 2020 yang akan datang.

“Evaluasi kita, dana ini tepat sasaran. Tahun depan, Insya Allah kuantitasnya lebih besar dikisaran sekitar Rp600 juta, bisa dikelola oleh masyarakat bersama Kelurahan,” pungkasnya.(nuha)

Editor : Akhmad