HST

ACT dan KS2 Tabalong Trauma Healing Korban Pasca Banjir HST

Tenda-tenda pengungsian warga terdampak banjir di Desa Alat, Kecamatan Hantakan, HST. (foto : arif/klikkalsel)

TANJUNG, klikkalsel.com – Pasca banjir badang melanda beberapa wilayah di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), tidak hanya menimbulkan korban materi dan jiwa, tapi juga ancaman traumatik yang dialami warga.

Seperti dialami MY, seorang ibu di Desa Alat Seberang RT 4, Kecamatan Hantakan, HST yang mengurung diri selama 3 hari di kandang kambing meratapi rumahnya yang hilang ditelan banjir.

“Selain trauma, beliau tergoncang karena rumahnya hilang tak tersisa ditelan banjir. Sekarang sudah dievakuasi warga namun dirinya masih menutup diri untuk berinteraksi,” jelas seorang relawan perwakilan ACT Tabalong, Doni, Kamis (4/2/2021) di Tabalong.

Menurut Doni yang kerap kali keluar masuk ke daerah bencana di HST, saat ini penanganan pasca banjir yang paling diperlukan adalah trauma healing untuk memulihkan kondisi mental warga yang terdampak.

“Untuk pemulihan trauma ini harus menjadi perhatian bersama agar masyarakat dapat segera bangkit dari keterpurukan mental yang dapat mengancam masa depan mereka,” ungkapnya.

Sebelumnya ACT bersama Komunitas Sayangi Sesama (KS2) Tabalong melakukan trauma healing untuk anak-anak di Desa Waki, Kecamatan Batu Benawa dan Desa Alat, Kecamatan Hantakan, HST.

Ketua KS2 Tabalong Erlina Effendi membenarkan jika pihaknya banyak menemukan warga yang mengalami traumatik.

Hanya saja, prioritas mereka sementara ini membantu pemulihan mental anak-anak. Namun demikian, pihaknya juga akan menyasar kepada orang dewasa untuk program trauma healing, karena sudah ada praktisi healing yang siap membantu.

“Kami sudah dapat konfirmasi dari komunitas Sefter Tabalong untuk melakukan trauma healing di HST. Insha Allah Sabtu depan kami akan berangkat dengan para Sefter Tabalong,” beber Erlina.

Dirinya menambahkan, rencana kedepannya pada, Sabtu (6/2/2021) nanti, KS2 Tabalong akan mengajak Parak Sefter profesional untuk melakukan trauma healing, khususnya di Desa Alat, Kecamatan Hantakan, HST. (arif)

Editor:Abadi

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top