HSU

ABC Bupati Cup II 2021 Sukses Digelar dengan Protokol Kesehatan

AMUNTAI, klikkalsel.com – Setelah vakum hampir 2 tahun karena pandemi Covid-19, kejuaraan panjat tebing tingkat regional di Kalimantan Selatan (Kalsel) kembali digelar oleh Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Amuntai.

Kompetisi panjat tebing tersebut digelar FPTI HSU bertajuk Amuntai Bouldering Competition (ABC) II 2021 dengan memperebutkan Piala Bupati Hulu Sungai Utara, bertempat di Komplek GOR Pangeran Suryanata, Karias, Amuntai.

Kejuaraan plagiat alam itu, berlangsung selama 3 hari dari tanggal 11 sampai 13 Juni 2021 dan hanya mempertandingkan kelas bouldering (jalur pendek) dengan pesertanya hanya untuk kalangan pelajar setingkat SD, SMP dan SMA.

Ketua Pelaksana ABC II 2021, Ahmad Yamani, mengatakan kegiatan tersebut dilaksanak FPTI HSU, seiringan dengan perayaan hari jadi Kabupaten HSU yang ke-69 Tahun.

“Kompetisi ini dilaksanakan dalam rangka peringatan hari Jadi Kabupaten HSU,” kata Ketua Pelaksana ABC II 2021, Minggu (13/6/2021).

Menurutnya, kejuaraan panjat tebing tingkat Provinsi Kalsel di Amuntai ini merupakan kali pertama setelah sekitar 2 tahun karena pandemi Covid-19. Kejuaraan panjat tebing khususnya di kalsel mengalami kevakuman untuk sementara waktu.

“Ini pertama kali diadakan selama masa pandemi, tentunya FPTI HSU mengadakan kegiatan ini dengan menekankan sejumlah protokol kesehatan yang ketat, guna menghindari penyebaran Covid-19, Alhamdulilah berjalan lancar,” jelasnya.

Meskipun dengan keterbatasan new normal dan protokol kesehatan yang ketat. Sedikit kurangnya ABC II 2021 bisa mengobati kerinduan para pecinta panjat tebing di Kalsel untuk berlaga di kompetisi.

“Kedepannya saya harap semoga kejuaraan ABC II 2021 dengan merebutkan piala bupati tidak sampai disini saja, insyaAllah kedepannya akan mengadakan untuk event tingkat Nasional,” harapnya.

Sementara itu, Ketua FPTI HSU, Wahyudi Ramadhan menabahkan, selain dalam rangka memperingati hari jadi HSU ke-69, kegiatan tersebut juga merupakan program kerja pegurus FPTI HSU.

“Alhamdulilah, kegiatan ABC II 2021 Piala Bupati HSU dapat berjalan dengan lancar dan aman. Saya juga ucapkan selamat kepada tim panjat tebing Kabupaten Banjar yang menjadi juara umum di kompetisi ini,” ujarnya.

Sebab, untuk melaksanakan kegiatan tersebut pihaknya bersama pengurus sudah mempersiapkan sematang mungkin, untuk memenuhi syarat dan menekankan protokol kesehatan yang telah dianjurkan oleh pemerintah kepada peserta dan panitia.

“Saya mewakili pengurus dan panitia mengucapkan terimakasih kepada Dinas pemuda dan olahraga Kabupaten HSU, yang telah memberi dukungan penuh untuk terselenggaranya kompetisi ini,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, kedepannya kegiatan tersebut direncanakan akan menjadi program tahunan oleh FPTI HSU untuk menggelar kompetisi baik tingkat Regional Kalsel maupun Nasional.

“Alhamdulilah sudah mendapat dukungan dari pemerintahan HSU jadi rencananya setiap tahun. Karena dinilai kegiatan ini bisa menimbulkan bibit-bibit baru dalam prestasi panjat tebing di HSU, khususnya Kalsel,” pungkasnya.(airlangga)

Editor : Amran

To Top