Dorong Ekonomi Kerakyatan, Agrowisata Bujur Matahari Desa Bakti Diresmikan

Kunjungan Bupati HST sekaligus peresmian Agrowisata Bujur Matahari yang dirintis melalui gotong-royong masyarakat Desa Bakti HST. (foto : dayat/klikkalsel.com)

BARABAI, klikkalsel.com – Forum Pemuda Bakti Bangkit Bersama dengan gotong royong membuat Agrowisata Bujur Matahari di Desa Bakti, Kecamatan Batu Benawa, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

Agrowisata yang menyajikan pemandangan hijaunya persawahan dan panorama Pegunungan Meratus itu diresmikan, Minggu (27/2/2022).

Tempat wisata itu dibuatkan jalan titian bambu. Dan tersedia beragam makanan khas setempat dengan dinaungi D’Pahumaan yang tentunya menambah identitas tersendiri wisata itu.

Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata dan juga sebagai Pj Sekretaris Daerah Kabupaten HST Muhammad Yani menjelaskan, Agrowisata Bujur Matahari ini merupakan hasil kerja keras masyarakat Desa Bakti selama kurang lebih 6 bulan.

“Kami mengharapkan nanti akan tumbuh dan banyak berkembang obyek-obyek wisata seperti ini di HST, untuk mendukung ekonomi kerakyatan yang merupakan langkah awal perwujudan visi dan misi Bupati HST yaitu Makmur, Unggul dan Dinamis,” tuturnya.

Baca Juga : Ekspor Kalsel Anjlok 48 Persen, Berkisar Ratusan Juta US Dolar

Baca Juga : Diperkirakan 88 Korban Keracunan Dirawat di 3 Rumah Sakit

Sementara Bupati HST H Aulia Oktafiandi mengapresiasi warga masyarakat di Desa Bakti, khususnya Forum Pemuda Bakti Bangkit Bersama yang secara bersama-sama saling merangkul mampu membuat terobosan agrowisata.

“Kami harapkan warga Desa Bakti selalu mengelola dan mampu menjaga Agrowisata ini. Sehingga, dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung, juga turut menghidupkan ekonomi warga di Desa Bakti ini,” harapnya.

Ia menyatakan, siap membantu, baik dari segi infrastruktur maupun pelatihan. Serta di, Agrowisata ini dapat dikembangkan dan menjadi contoh daerah lain.

Dalam perhelatan dilakukan peresmian Agrowisata dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Bupati HST didampingi oleh Wakil Bupati HST dan Forkopimda, Pimpinan Bank BRI Cabang Barabai, Pembakal, Ketua BPD se-Kecamatan Batu Benawa, dan Tokoh Masyarakat Desa Bakti.

Selain persemian, juga dirangkai dengan penyerahan sekaligus penanaman bibit durian oleh Bupati HST, sebagai wujud usaha memperkuat ekowisata berbasis pelestarian alam dan penyerahan bantuan tempat sampah oleh Bank BRI Cabang Barabai kepada Pemkab HST. (dayat)

Editor : Akhmad