Dasa Wisma Mawar I Wakili Kelurahan Alalak Lomba Hatinya Kota Banjarmasin

Dasa Wisma Mawar I
Dasa Wisma Mawar I

BANJARMASIN, klikkalsel com – Dasa Wisma Mawar I di Kelurahan Alalak Utara, Kecamatan Banjarmasin Utara, Banjarmasin, menjadi tempat penilaian Lomba Halaman Asri, Teratur, Indah, dan Nyaman (Hatinya) PKK.

Penilaian tersebut dilakukan Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) TP PKK Kota Banjarmasin, dan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) serta Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPKBPM).

Hj Irianti, Dewan Juri DKP3 Hatinya PKK DKP3 mengatakan, kegiatan ini merupakan lomba Hatinya tingkat Kota Banjarmasin tahun 2020.

Penilaianya warga disatu wilayah, di antaranya pemanfaatan pekarangan rumah, komoditi pangan ternak dan ikan, serta sumber keseimbangan antara karbohidrat, protein hewani dan nabati.

“Kebetulan yang mewakili Banjarmasin Utara dalan penilaian adalah Dasa Wisma Mawar I yang berada di Kelurahan Alalak Utara,” katanya.

Ia menambahkan, dalam pemanfaatan perkarangan rumah tersebut, misal pekarangan rumahnya dengan ada tanaman sayuran, memelihara ikan bisa pula sejumlah tanaman hias yang dapat memberikan ekosistem udara yang bagus.

“Dari penilaian tadi terlihat beberapa rumah warga sudah, ada yang menanam atau mengolah seperti dalam kreteria penilain, bisa dibilang 70 persen indikator penilaian sudah diterapkan oleh Dasa Wisma Mawar I Kelurahan Alalak Utara,” katannya.

Dikesempatan yang sama Dasa Wisma Mawar I juga mengikuti penilaian Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Indokator penilaiannya, di antaranya persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan, memberi ASI Eksklusif, menimbang bayi dan balita setiap bulan, menggunakan air bersih, mencuci tangan dengan air bersih dan mengalir dengan sabun.

Dari lomba yang diikuti seluruh Dasa Wisma sekota Banjarmasinakan diumumkan pemenangnya pada Bulan Desember.(azka)

Editor : Amran

Tinggalkan Balasan