Penetapan Ketua DPRD Banjarmasin Definitif Ditunda

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Sekretariat DPRD Banjarmasin, menunda paripurna penetapan ketua DPRD Banjarmasin definitif.

Paripurna yang dijadwalkan dilaksanakan pada Selasa ini, ditunda paling lambat pada Jum’at depan, lantaran masih ada partai yang belum menyerahkan surat keputusan.

Dua partai tersebut, yakni Golkar dan Gerindra, yang masih belun menyerahkan surat keputusan nama yang akan menjadi wakil dari partai untuk menjadi pimpinan DPRD.

Sekretaris DPRD Banjarmasin Iwan Ristianto, menjelaskan, rapat ini hanya ditunda dan paling lambat dilaksanakan pada Jumat depan sebelum paripurna istimewa, agar segera bisa diserahkan ke Pemprov Kalsel dan ditandatangani Gubernur lalu dilakukan dilantik.

“Rapat paripurna dengan agenda pimpinan DPRD Kota Banjarmasin definitif sebagaimana sudah dijadwalkan akan digelar Jumat (20/9/2024) depan,” ujarnya saat ditemui sejumlah wartawan di ruang kerjanya, Selasa (17/92024).

Sebelumnya ia menjelaskan, surat pengajuan pimpinan dewan definitif sudah disampaikan oleh empat partai politik pemenang Pemilu Legislatif.

Surat pengajuan pimpinan dewan definitif disampaikan oleh parpol kepada pimpinan sementara dewan.

“Terakhir hari ini sudah diterima surat pengajuan pimpinan DPRD Banjarmasin dari Partai Golkar dan Gerindra,” ujar Ristianto.

Menyinggung nama-nama pimpinan DPRD Kota Banjarmasin, Iwan Ristianto masih belum mau menyebutkannya.

Namun yang pastinya, sebut dia, Ketua dari Partai Golkar, Wakil Ketua dari PAN,PKS dan Gerindra. Hal ini karena empat parpol tersebut memperoleh suara dan kursi terbanyak pada Pileg 2024 lalu.

Saat ini DPRD Banjarmasin dipimpin Ketua Sementara yaitu Rudi Heryadi dari Partai Golkar dan Harry Wijaya dari PAN.

Belakangan nama Rudi Heriyadi yang diprediksi bakal menduduki ketua dewan berubah dan diganti Partai Golkar atas nama Rikval Fachruri melalui Surat DPP yang diterbitkan parpol berlambang pohon beringin tersebut.

Sedangkan Wakil Ketua tetap pada prediksi semula akan dipegang Harry Wijaya (PAN) yang pada DPRD Kota Banjarmasin periode 2019-2024 memegang jabatan Ketua.

Sementara PKS menunjuk kadernya atas nama Mathari dan Gerindra menunjuk nama M Isnani masing- masing sebagai Wakil Ketua DPRD Banjarmasin. (farid)

Editor : Amran