Cegah Jumat Kelabu Berulang di Banua, Polda Kalsel Gelar Deklarasi Damai Pilkada

Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto saat diwawancara awak media pada acara Deklarasi Damai Pilkada di Ballroom Grand Qin Hotel Bannarbaru. (Istimewa)

BANJARBARU, klikkalsel.com – Antisipasi insiden Jumat Kelabu tidak terulang di Banua, Polda Kalsel menggelar Deklarasi Damai yang berlangsung pada Ballroom Grand Qin Hotel Banjarbaru, Kamis (18/07/2024) siang.

Dalam kegiatan ini, Polda Kalsel menghadirkan komunitas suku bangsa se Kalsel, Komisioner Bawaslu Kalsel, hingga pejabat lainnya.

Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto mengatakan, bahwa Deklarasi Pilkada Damai digelar untuk menyamakan persepsi, misi dan visi kepada masyarakat untuk menyambut Pilkada yang akan berlangsung dalam beberapa bulan kedepan.

“Hal ini dilakukan untuk dapat mempersiapkan diri agar dalam menyongsong Pilkada mendatang kita tidak terpecah belah sehingga Pilkada dapat berjalan dengan aman, damai dan lancar,” ucapnya.

Baca Juga Polda Kalsel Ringkus 15 Tersangka Dari Kasus 14 Pertambangan Ilegal

Baca Juga Miliki 20.680 Butir Obat Terlarang, Warga Sungai Andai Diringkus Polda Kalsel

Selain itu, pihaknya juga mengaku selalu berkoordinasi dengan seluruh stakeholder dan lapisan masyarakat, agar peristiwa kelam Jumat Kelabu pada 1997 silam tidak terulang dan tidak terjadi kembali di Bumi Lambung Mangkurat.

“Stuasi Kalimantan Selatan menyambut Pilkada 2024 saat ini dalam keadaan aman, meskipun saat ini telah mulai menghangat di sejumlah media sosial maupun media-media lainnya dengan munculnya beberapa calon yang akan ikut serta dalam Pilkada serentak 2024,” ucapnya.

Namun, Kapolda Kalasel berharap, pesta demokrasi Pilkada mendatang diwilayah Kalimantan Selatan berjalan dengan aman, damai dan lancar. (Mada Al Madani).

Editor: Abadi