Sederet Program Pembangunan Strategis Rampung di 2024, Paman Birin Atensi Prioritas Pengelolaan Aset

Pembangunan Tugu Nol Kilometer, salah satu program strategis pembangunan Kalsel yang ditargetkan rampung tahun 2024.

BANJARBARU, klikkalsel.com – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel)

membahas pengelolaan aset proyek strategis Gubernur Sahbirin Noor yang akan rampung pada tahun 2024. Proyek strategis itu adalah Tugu Kilometer Nol, Gelanggang Olahraga dan Masjid Syech Muhammad Arsyad al Banjari di kawasan Perkantoran Pemprov Kalsel.

Selain itu ada lapangan Golf Banjarbaru, lapangan Dharma Praja, Gor Hasanuddin, Stadion 17 Mei. Karo Biro Administrasi Pembangunan Setdaprov Kalsel, Gusti Rahmat mengatakan, Paman Birin sapaan akrab gubernur, ingin pembangunan proyek strategis itu tidak terbengkalai setelah dibangun.

“Bapak Gubernur Paman Birin ingin pengelolaan ini tidak terbengkalai setelah dibangun, dan pada pengelolaanya nanti tidak lagi membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah atau APBD,” jelasnya usai rapat pengelolaan hasil proyek strategis Kalsel di ruang PM Noor Kantor Gubernur Kalsel di Banjarbaru, Kamis (14/3/2024).

Baca Juga : Paman Birin Semangati Wirausaha Peternak Budidaya Ikan Air Tawar Bioflok di Kabupaten Banjar

Baca Juga : DPRD Apresiasi Sosialisasi Kalsel Innovation Award 2024

Dikatakannya, rapat membahas pola pengelolaan apakah melalui Unit Pelaksana Teknis, Badan Layanan Umum Daerah atau kerjasama dengan pihak swasta. Namun yang paling memungkinkan dilaksanakan adalah kerjasama dengan pihak ketiga karena opsi pengelolaan melalui UPT dan BLUD memerlukan waktu yang cukup lama.

Pada rapat ini juga disepakati untuk membentuk tim yang akan bertugas untuk menyiapkan peresmian hingga pengelolaanya. Adapun Ketua Tim adalah Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Kalsel, Muhammad Amin.

Sementara itu, Ketua Tenaga Ahli Gubernur (TAG) Noor Aidi mengatakan, Paman Birin ingin Tugu Nol Kilometer diprioritaskan tanpa menyampingkan pembangunan infrastruktur lainnya. Menurutnya, rencananya Tugu 0 Kilometer akan diresmikan bertepatan dengan Hari Jadi ke 74 Provinsi Kalimantan Selatan pada bulan Agustus mendatang.

“Setelah diresmikan, di sekitaran Tugu Nol Kilometer nantinya akan diisi dengan pusat kegiatan UMKM rakyat,” ucapnya.

Menurutnya, di area Tugu ada eks kantor gubernur di Banjarmasin rencananya dijadikan museum. Nanti di dalamnya berisi sejarah pembangunan dan pemimpin di Provinsi Kalimantan Selatan. (rizqon)

Editor: Abadi