12 Rumah di Kecamatan Cempaka Langsung Ditindak Lanjuti dari Hasil Reses Wakil Rakyat

BANJARBARU, klikkalsel.com – Anggota DPRD Kalsel, Troy Satria memenuhi aspirasi warga Kelurahan Bangkal, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru dalam program rumah tidak layak huni (RTLH).

Aspirasi itu langsung diteruskan Troy Satria dan ditindak lanjuti oleh Pemerintah Provinsi Kalsel melalui Dinas Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman dengan membedah 12 rumah warga yang tidak layak huni.

Anggota Komisi III DPRD Kalsel Troy Satria menyampaikan, ada 12 rumah di tiga rukun tetangga (RT) 12, RT, 11, dan RT 4 di Kelurahan Bangkal Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru yang mendapat sentuhan RTLH.

Kendati progresnya sudah 80 persen, namun warga di Kelurahan Bangkal sudah merasa sangat senang. Sebab rumah warga yang awalnya tak layak huni, kini sudah diperbaiki melalui program Pemerintah Provinsi Kalsel dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman yang di perjuangkan Troy Satria.

Program RTLH ini ujar Troy Satria berjalan sejak Agustus 2023. Adapun rumah warga yang mendapat jatah ini secara bergiliran sesuai dengan kondisi rumah dan syarat yang diajukan.

Baca Juga Meski Belum Kantongi Bukti, LSM Demo di Gedung DPRD Banjarmasin Terkait Dugaan Kongkalikong Pengadaan Tanah

Baca Juga Ketua Komisi IV DPRD Kalsel Ingin Program Kebudayaan Dorong Kearifan Lokal

Disampaikan Hadriansyah Ketua RT 12, warganya yang mendapat bantuan bedah rumah ini ada tujuh rumah. Ia mewakili warga menyampaikan terima kasih karena aspirasi warganya sudah ditindak lanjuti langsung oleh anggota Komisi III DPRD Kalsel, Troy Satria.

Hadriansyah mengatakan, program ini sangat banyak manfaatnya untuk masyarakat. Meskipun belum bisa dilaksanakan secara sepenuhnya, namun bantuan ini sudah sangat membantu. Terlebih kata dia pasca musibah banjir tahun lalu banyak rumah warga yang harus diperbaiki.

“Dengan adanya bedah rumah ini warga kami sangat bersyukur dan berterima kasih karena bisa memperbaiki lantai yang jebol, dinding yang lapuk dan atap yang bocor,” ungkap Hadriansyah.

Komariah, ibu rumah tangga (IRT) warga Keluarahan Cempaka juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas bantuan RTLH ini. Sebab rumahnya mendapat perbaikan 100 persen dari yang dulunya hanya berlapis Kalsibot dan atap rumah yang bolong, kini sudah menempati sebuah rumah yang sangat layak untuk ditempatinya bersama keluarga.

“Sebelum dibedah rumah saya banyak bolongnya, sampai tak berani kalau ditinggal suami bekerja. Karena sangat mudah untuk dimasuki orang. Saya bersyukur dan bahagia sekali setelah mendapat bantuan bedah rumah ini,” ungkap Komariah.

Sementara itu anggota DPRD Kalsel dari Fraksi Partai Golkar, Troy Satria menyampaikan, program RTLH ini berawal dari reses yang dilakukannya berkolaborasi dengan Wakil Ketua DPRD Kota Banjarbaru, Taufik Rachman.

Setelah mendapat masukan dari reses di Kelurahan Cempaka ini, ia memyampaikan melalui pokok pikiran (Pokir) untuk diteruskan ke Pemerintah Provinsi hingga mendapat bantuan untuk warga di Kelurahan Cempaka.

“Jadi awalnya saya melalakukan reses di Kelurahan Cempaka, dan juga dibantu oleh Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin saudara Taufik Rachman. Setelah mendapat banyak masukan dan aspirasi, salah satunya bantuan untuk bedah rumah, kemudian kita teruskan ke pemerintah provinsi dan Alhamdulillah bisa dilaksanakan,” ungkap politisi Partai Golkar ini.

Ia berharap program ini bisa terus berkelanjutan, sehingga rumah warga yang belum sempat di bedah pada kesempatan ini, bisa dilakukan pada usulan selanjutnya.

“Sementara ini ada 12 rumah di tiga RT Kelurahan Cempaka, namun saya berharap program ini berkesinambungan untuk membantu masyarakat untuk mendapatkan rumah yang layak huni,” imbuh Troy Satria.(restu)

Editor : Amran