Gelar Festival KBA, Astra Bangun Ekonomi Berbagi

Fashion show Kreasi Kain Sasirangan. Fashion show yang diikuti 30 peserta ibu dan anak ini merupakan salah satu acara dalam Festival KBA Banjarmasin. Peserta diminta menciptakan ide kreatif menggunakan Kain Sasirangan yang kemudian dipamerkan dalam fashion show dengan si kecil sebagai model. (foto : david/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel – Grup Astra saat ini memiliki 73 Kampung Berseri Astra (KBA) yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia dan diharapkan terus berkembang setiap tahun.

Fashion show Kreasi Kain Sasirangan. Fashion show yang diikuti 30 peserta ibu dan anak ini merupakan salah satu acara dalam Festival KBA Banjarmasin. Peserta diminta menciptakan ide kreatif menggunakan Kain Sasirangan yang kemudian dipamerkan dalam fashion show dengan si kecil sebagai model. (foto : david/klikkalsel

Hal tersebut disampaikan  Koordinator Astra Grup Kalimantan Selatan, Aulia Agustin saat Festival Kampung Bersemi Astra yang bertempat di Halaman Gedung serbaguna Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin dalam rangka memperingati Hari Koperasi Nasional, Senin (9/7/2018).

“Seperti hari ini kita  hadirkan UKM binaan astra  di KBA Syamsuddin Noor yang awalnya kita berikan pelatihan berwirausaha  hingga kita bantu sediakan pasar untuk memasarkan barangnya,” ujar Aulia.

Ia menjelaskan KBA sendiri merupakan program kontribusi sosial Astra untuk masyarakat dengan konsep pengembangan terintegrasi empat pilar program CSR yaitu Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan dan Kesehatan.

Sementara itu Head of Environment  and Social Responsibility PT Astra International, Riza Deliansyah menjelaskan tujuan kegiatan-kegiatan ini adalah bentuk dari filosofi Astra yang ingin Sejahtera Bersama Bangsa.

“Melalui program Kampung Berseri Astra ini, masyarakat dan Astra dapat berkolaborasi bersama mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas dan secara otomatis dapat meningkatkan kesejahteraannya,” jelas Riza.

Deputi Bidang Kelembagaan Kementerian Koperasi & UKM Republik Indonesia Untung Tri Basuki (kanan) dan Head of Environment and Social Responsibility PT Astra International Tbk Riza Deliansyah (kiri) mengunjungi stand UMKM binaan Astra. (foto : david/klikkalsel)

Ia meyakini dengan meningkatkan kesejahteraan bangsa, maka akan berdampak bagus ke iklim bisnis Indonesia yang dapat meningkatkan semua sektor kehidupan.

Deputi Bidang Kelembagaan Kemenkop dan UKM, Untung Tri Basuki yang  hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan bahwa pemerintah mengapresiasi apa yang dilakukan Astra dengan melakukan kegiatan pembinaan UKM baik terkait produk, pasar hingga peningkatan SDM.

Ia mengungkapkan apa yang telah diatur oleh regulasi dilaksanakan secara konkrit oleh Astra, bahkan pihak-pihak lain seperti BUMN dan perusahaan lain dapat meniru apa yang dilakukan oleh Astra.

“Astra telah membangun demokrasi  ekonomi.  Membangun ekonomi berbagi, bagaimana yang besar tidak besar sendiri namun juga dapat berbagi hingga dapat tumbuh besar bersama,”ungkapnya.

Dalam Festival KBA di Banjarmasin ini juga diisi dengan seminar kewirausahaan yang diikuti oleh 1.300 orang wirausahawan muda dari berbagai kalangan, baik itu mahasiswa maupun umum. Selain itu juga dihadirkan 30 pelaku UMKM binaan Astra.

Diwaktu bersamaan juga digelar kegiatan membuat sasirangan bersama dan fashion show sasirangan anak-anak. (david)

Editor : Elo Syarif

Tinggalkan Balasan