Didampingi Bupati dan Forkopimda, Danlanal Kotabaru Sampaikan Program KBN ke Wakil Presiden RI

KOTABARU, klikkalsel.com – Bupati Kotabaru, H Sayed Jafar mendampingi Komandan Pangkalan Angkatan Laut Kotabaru, Letkol Laut (P) Edy Setyawan untuk berdialog dengan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin melalui virtual pada peresmian Kampung Bahari Nusantara (KBN) di Jalan Berangas Km 8,5 Desa Sarang Tiung Kecamatan Pulau Laut Sigam, Senin (15/5/2023).

Danlanal Kotabaru, Letkol Laut (P) Edy Setyawan memaparkan kepada Wapres RI tentang keadaan wilayah Kotabaru yang berada di Kecamatan Pulau Laut Sigam dengan luas wilayah 13.500 km persegi dan jumlah penduduk sebanyak 3.457 jiwa dengan mayoritas pencarian warga adalah pedagang dan nelayan.

“Dari lima program klaster KBN semuanya didukung pemerintah daerah dan kami mendukung wisata Mamake paralayang, wisata pantai, dengan mendukung kelompok sahabat laut dalam mensosialisasikannya,” tutur Danlanal.

Selain itu lanjutnya, juga dilaksanakan pengobatan dari TNI-Polri sebagai bentuk sinergitas di daerah dan pembagian sembako kepada warga pesisir.

Menanggapi hal tersebut, Wapres RI Ma’aruf Amin menanyakan keadaan nelayan Kotabaru apakah ada kendala yang dihadapi selama beraktivitas, dan langsung dijawab Danlanal bahwa tidak ada kendala yang dihadapi para nelayan.

Sebelumnya peresmian KBN dilakukan serentak secara virtual dengan Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin, KSAL Laksmana TNI Muhammad Ali, dengan tema “Kampung Bahari Nusantara TNI AL Siap Meningkatkan Produktifitas Untuk Transformasi Ekonomi Yang Inklusif Dan Berkelanjutan Bagi Masyarakat Maritim Yang Sejahtera”.

Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin mengatakan, gagasan Kampung Bahari Nusantara yang dimotori oleh TNI AL sangat vital dan program ini sejalan dan sinergi dengan pemerintah untuk menyelesaikan berbagai masalah kemiskinan di desa pesisir.

Senada pada peresmian KBN, KSAL Laksmana TNI Muhammad Ali mengatakan sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki sumber daya alam maritim yang sangat berlimpah yang menjadi salah satu modal untuk mewujudkan misi Indonesia Emas tahun 2045. TNI AL sebagai perangkat negara memiliki peran yang sangat vital dalam mewujudkan strategi tersebut.

Baca Juga Bupati Kotabaru Kunjungi Desa Mulyoharjo Dalam Rangka HUT Desa Mulyoharjo ke 38

Baca Juga Ciptakan Kegaiatan Agamis Melalui Polisi Pejuang Subuh, Begini Tanggapan Wabup Kotabaru, Andi Rudi Latif

Sementara itu, Bupati Kotabaru H Sayed Jafar menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Komandan Lanal Kotabaru, Letkol Laut (P) Edy Setiawan beserta jajarannya atas berbagai program yang diselenggarakan khususnya yang menitik beratkan pada upaya-upaya pembinaan dan pemberdayaan potensi nasional di bidang maritim di Kabupaten Kotabaru salah satunya melaksanakan peresmian Kampung Bahari Nusantara.

“Kami sangat mengapresiasi penetapan desa Sarang Tiung menjadi Kampung Bahari Nusantara oleh TNI AL karena dapat sejalan dengan harapan pengembangan Kabupaten Kotabaru kedepan yang dimulai dari desa sehingga diharapkan desa Sarang Tiung dapat semakin maju dan berkembang serta memicu pertumbuhan ekonomi secara menyeluruh,” ucap Sayed Jafar.

Disamping itu, KBN juga dapat menjadi pemicu untuk membangun kesadaran masyarakat dalam memperdayakan potensi maritim guna mendorong kemajuan Kabupaten Kotabaru khususnya di wilayah pesisir.

“Oleh sebab itu, kami selaku pemerintah daerah siap mendukung penuh setiap kegiatan yang muaranya untuk mensejahterakan masyarakat, termasuk yang dilaksanakan oleh jajaran TNI AL, dalam hal ini Lanal Kotabaru melalui program KBN,” tutur Sayed Jafar.

Bupati berharap dengan diresmikannya desa Sarang Tiung sebagai KBN dapat memberikan kemajuan dan meningkatkan perekonomian masyarakat serat dapat mendukung program pemerintah dalam percepatan pemerataan pembangunan.

“Kepada masyarakat saya berpesan untuk dapat terus menjaga serta mengembangkan berbagai program yang ada dalam KBN sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Semoga dengan diresmikannya desa Sarang Tiung sebagai KBN, desa Sarang Tiung dapat lebih maju, perekonomian masyarakatnya meningkat, begitu juga dengan pariwisata, kesehatan, pendidikan dan pertahanan pun juga meningkat,” jelas Bupati Kotabaru.

Peresmian KBN yang dipusatkan di Desa Sarang Tiung ini juga ditandai dengan penandatanganan prasasti, peresmian Rumah Pintar ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Danlanal Kotabaru Letkol Laut (P) Edy Setyawan bersama Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar disaksikan Ketua DPRD Kotabaru beserta forkopimda.(adv/restu)

Editor : Amran