Belasan Posko Kesehatan dan satu Rumah Sakit Lapangan Disiagakan

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Terdapat belasan posko kesehatan dan pelayanan kesehatan untuk mendukung Acara Haul ke-3 KH Ahmad Zuhdiannor atau Guru Zuhdi yang diadakan, pada Kamis (30/3/2023) setelah salat tarawih.

Satu diantara koordinator Posko kesehatan pelaksanaan Haul Guru Zuhdi, Lucky mengatakan, ada 16 posko kesehatan yang disiagakan untuk mendukung acara haul Guru Zuhdi.

“Juga ada posko observasi di Puskesmas S Parman, kemudian ada posko rumah sakit lapangan di belakang Mesjid Jami,” ujarnya.

Lucky menjelaskan, posko-posko kesehatan dari pemerintah Provinsi Kalsel dan Kota Banjarmasin ini memberikan pelayanan kesehatan gawat darurat dan pelayanan kesehatan dasar lainya.

Baca Juga Kwarda Pramuka Kalsel Sediakan 7.000 Porsi Makanan dan Takjil Untuk Jemaah Haul Guru Zuhdi

Baca Juga Jemaah Haul Guru Zuhdi Mulai Berdatangan Bahkan Ada dari Luar Banjarmasin

“Misalkan ada kejadian yang diluar dari pada prediksi, maka akan kita rujuk ke posko rumah sakit lapangan terlebih dahulu,” jelasnya.

“Untuk rumah sakit rujukan, kita menggunakan Rumah Sakit Islam Banjarmasin karena terletak paling dekat dengan lokasi haul,” sambungnya.

Lebih lanjut, Kata Lucky pihaknya juga menyediakan 16 ambulan yang disiagakan disiagakan di beberapa pos.

“Dari ambulan yang resmi juga dibantu beberapa unit ambulan relawan yang tersebar di beberapa zona pelaksanaan haul,” imbuhnya.

Sementara, Lucky juga mengungkapkan ada sekitar 226 tenaga kesehatan yang turun dalam pelaksanaan haul.

“Sebanyak 226 tenaga kesehatan itu dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel, Kota Banjarmasin, Puskesmas terdekat, RSUD Ulin Banjarmasin, Ansari Saleh, RS Gigi dan Mulut Gusti Hasan Aman dan RS Swasta lainya,” pungkasnya. (airlangga)

Editor: Abadi