Religi  

Diangkat Jadi Anggota Kehormatan GP Ansor, Paman Birin: NU Bagian Sejarah NKRI

Penyematan jaket Banser menandai pengangkatan Anggota Kehormatan GP Ansor Nahdlatul Ulama (NU) kepada Gubernur Kalsel Sahbirin Noor.

MARTAPURA, klikkalsel.com – Gubernur Kalsel Sahbirin Noor resmi menjadi Anggota Kehormatan GP Ansor di momen Peringatan 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU) yang digelar di Kiram Park, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Sabtu (18/2/2023). Hal tersebut ditandai dengan penyematan jaket Banser kepada gubernur yang akrab disapa Paman Birin itu oleh Kepala Kanwil Kemenag Kalsel, Muhammad Tambrin.

Penyematan jaket Banser disaksikan ribuan hadirin yang terdiri para santri, alim ulama, habaib, pimpinan unsur Forkopimda dan tentunya anggota Banser yang hadir turut mengamankan kegiatan Peringatan 1 Abad NU. Setelah disematkan, jaket Banser terus dipakai Paman Birin hingga berakhir acara.

Dalam sambutannya, Paman Birin mengatakan Peringatan 1 Abad NU yang turut digelar Pemprov Kalsel untuk menghargai pendiri Nahdlatul Ulama yang telah berkotribusi besar terhadap Republik Indonesia.

“Kegiatan kita ini adalah untuk menghargai para pendiri, penggagas Nahdlatul Ulama. Jas Merah, jangan pernah melupakan sejarah,” ucapnya.

Menurut Paman Birin, keberadaan Nahdatul Ulama telah mewarnai lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dia mengatakan, berdirinya NKRI tidak bisa dipisahkan dari peran Ulama.

“350 tahun kita dijajah hingga pada tahun 1945 Indonesia merdeka. Itu tidak terlepas dari peran ustad, kiyai yang berjuang dalam memerdekakan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tegasnya.

Baca Juga : Ribuan Jamaah Peringati Isra Miraj di Ponpes Datuk Kelampayan Pagatan

Baca Juga : Merasa Dicemarkan Nama Baiknya PT Baramarta Lapor ke Ditreskrimsus Polda Kalsel

Paman Birin juga mengutarakan kebahagianya karena dapat bersama-sama para santri melakukan Kirab, untuk menyemarakkan Peringatan 1 Abad NU. Dia memimpin ribuan rombongan mengendarai sepeda motor dalam pawai ta’aruf dari Martapura menuju Kiram Park.

“Ulun sangat senang sekali hari ini, panjangnya (rombongan,red) 4 kilometer, bersama-sama keluarga besar Aswaja Kalimantan Selatan,” tuturnya.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menyampaikan sambutan Peringatan 1 Abad NU.

Tak lupa, Paman Birin, mengucapkan selamat memperingati satu abad Nahdlatul Ulama kepada seluruh Nahdiyin di banua.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, saya mengucapkan selamat memperingati 1 Abad Nahdlatul Ulama kepada seluruh nahdiyin di Banua,” pungkasnya.

Pada momen yang bertepatan dengan Peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, 27 Rajab 1444 Hijriyah ini, Paman Birin menyampaikan sosok yang paling pantas diteladani adalah Rasulullah.

“Siapakah pemimpin yang terbaik di dunia ini, dia adalah Rasulullah. Karena jika mengikuti Rasullullah, insya Allah akan selamat di dunia dan di akhirat,” pungkasnya.

Peringatan Satu Abad NU di Kiram Park selain dihadiri ribuan santri, juga hadiri Pimpinan Madrasah Darussalam Tahfidz dan Ilmu Al Qur’an Martapura KH. Muhammad Wildan Salman, Pimpinan Forum Koordinasi Pemerintah Daerah (Forkompinda) seperti Kapolda Kalsel Danlanal, Danlanud. Tampak hadIr juga alim ulama, habaib serta pimpinan instansi vertikal di Kalsel. (rizqon)

Editor: Abadi