70 Gugus Pramuka SD dan SMP Ikuti Gelar Senja

Sebanyak 70 Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama melaksanakan kegiatan Gelar Senja yang tergabung Ranting Banjarmasin Timur (foto : azka/klikkalsel)

[19.20, 17/10/2019] Farid: BANJARMASIN, klikkalslel – Sebagai pembentukan karakteristik, bakat dan minat kaum muda Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Banjarmasin, melalui Gerakan Pramuka Kwartir Ranting (Kwarran) melakukan kegiatan Gelar Senja dan Penurunan Bendera.

Kegiatan yang berlangsung di SDN Karang Mekar 1 dan 5 dikawasan Jalan Pangeran Antasari Banjarmasin tersebut dihadiri sebanyak 70 gugus sekolah yakni Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang tersebar di wilayah kecamatan Banjarmasin Timur, Kamis (17/10/2019).

Ketua Pramuka Kwarcab Banjarmasin Irwan Ansyari mengatakan, gelar senja ini menjadi spirit untuk mengembangkan kegiatan Pramuka yang bermutu, yang sesuai dengan keadaan dan kebutuhan masyarakat di mana pramuka itu berada, sehingga kegiatan pramuka disenangi dan diminati oleh masyarakat.

“Gelar ini salah satu kebanggaan terlebih dilaksankan di kawasan Banjarmasin Timur,” katanya.

Ia Juga menambahkan gerakan Pramuka adalah untuk mendidik generasi muda. Dalam hal ini adalah pemuda penggerak kader pembangunan di segala bidang, bermental tinggi, menjadi insan yang mempunyai moral dan budi pekerti yang luhur serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dengan menggunakan prinsip dasar metodik kepramukaan.

“Melihat tujuan yang mulia ini, sudah seharusnya anggota Gerakan Pramuka bangga dan berbahagia, sepantasnya para peserta didik yang tergabung dalam gugus depan berbahagia, karena telah memilih Gerakan Pramuka sebagai pilihan ekstra kulikulernya. Pilihan ini merupakan pilihan yang tepat, mengingat tujuan akhir pendidikan kepramukaan adalah pembinaan mental dan ketrampilan para anggotanya,” ucapnya.

Sementara Sekretaris Pramuka Kwarcab Banjarmasin Sumarno menegaskan, dengan mengikuti kegiatan pramuka tersebut diharapkan para generasi muda bisa menepis kegiatan yang negatif dan sangat merugikan, serta merusak generasi.

“Dengan pramuka ini banyak diperoleh kegiatan bermamfaat selain bersosialisasi, bekerjasama serta nilai luhur yang tertanam yakni menolong sesama tanpa pamrih,” ucapnya.

Berbagai unjuk kebolehan yang dilakukan dalam kegiatan gelar senja tersebut diantarannya, Baris berbaris, Drumband, Simpul tali dan sebagainya. Nampak keceriaan terlihat pada anggota pramuka dalam kegiatan tersebut. (azka)

Editor : Akhmad