Kalsel

7.675 Kepala Keluarga di Tabalong Terima Bantuan Sosial Tunai dari Kemensos RI Senilai Rp600 ribu

TANJUNG, klikkalsel.com – Sebanyak 7.675 Kepala Keluarga (KK) yang terdata dalam program Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Tabalong menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial RI.
Bantuan ini, disalurkan melalui Pemerintah Kabupaten Tabalong dan masing-masing KK menerima bantuan senilai Rp600 ribu selama tiga bulan yakni, April, Mei dan Juni 2020.
Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani saat meninjau kegiatan pembagian BST di Kantor Pos Tanjung, Senin, (11/5/2020), mengatakan, sebelumnya di Tabalong hanya dapat jatah sebanyak 5.221 KK penerima BTS.
Namun, pihaknya mengusulkan kembali ke Kementerian Sosial RI untuk ditambahkan dan disetujui menjadi 7.675 KK.
Bupati menambahkan, apabila dalam perjalanannya, penerima ada peningkatan ekonomi maka bantuan tersebut akan ditarik.
“Akan kami pindahkan ke yang lain yang lebih berhak jadi sifatnya dinamis, dan bantuan ini berlangsung selama tiga bulan,” ujarnya.
Sementara, Kepala Kantor POS Tanjung, Hairujiansyah menuturkan, penyerahan bantuan kali ini merupakan bantuan tahap pertama dan hanya untuk warga yang berdomisili di Kecamatan Tanjung.
Sedangkan, untuk warga di luar Kecamatan Tanjung, akan disalurkan melalui masing-masing kantor kecamatannya.
“Bantuan tahap pertama ini di jadwalkan selama empat hari, total ada 168 KK hari ini yang menerima bantuan dan untuk wilayah lain ada yang disalurkan lewat kantor kecamatan,” tuturnya.
Hairujiansyah menjelaskan, bagi masyarakat yang sudah terdata dan saat pengambilan BST diwajibkan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli.
Namun, jika Kepala Keluarga berhalangan dapat diwakilkan oleh anggota keluarga lainnya, dengan syarat menunjuka Kartu Keluarga.
“Misalkan satu keluarga berhalangan semua tidak bisa datang sesuai jadwal, maka nanti penerima akan kami kunjungi untuk menyerahkan bantuan tersebut,” jelasnya.(arif)
Editor : Amran
To Top