6 Atlet Junior Panjat Tebing Lolos ke Seleksi Nasional

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Sebanyak enam atlet junior panjat tebing terpilih wakili Kalimantan Selatan (kalsel) ke Seleksi Nasional di Jakarta September mendatang. Dan jika lolos bakal mengikuti kejuaraan Dunia.
Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kalsel, mendapatkan sejumlah atlet junior unggulan daerah usia kelahiran 2003 – 2005 di Kalsel ini setelah mengikuti seleksi yang diselenggarakan PP FPTI, di Venue Sport Climbing Gor Hasanudin HM, pada 29 Agustus 2020 lalu.
Ketua Harian FPTI Provinsi Kalsel, Bandi Chairullah menjelaskan, awalnya delapan Atlet Junior Panjat Tebing, (4 putra dan 4 putri) mengikuti seleksi Daerah berasal dari kabupaten/kota diantaranya Tapin 3, Hulu Sungai Tengah 2, Tanah Laut 1, Banjarbaru 1 dan Banjar 1.
Baca juga : Hanya 8 Kabupaten/Kota Ikuti Kejurprov Dayung di Banjarmasin
“Namun dari semua atlet yang seleksi kemarin kita hanya menyediakan kuota 6 atlet saja, 3 putra dan 3 putri,” ucapnya Kamis (3/9/2020).
Bandi juga menjelaskan dari hasil seleksi daerah kali ini berasal dari latihan fisik sekitar 20 persen, psikologi 30 persen dan tes pemanjatan 30 persen. Dan hanya 6 atlet yang akan mengikuti di seleksi Nasional september mendatang untuk menghadapi Kejuaraan Dunia yang diperkirakan 2021.
Di antaranya untuk putra yang lolos semua didominasi berasal dari FPTI Tapin yaitu, Muhammad Firdan Andika, Muhammad Rezky Azhar, Moh. Reza Fernanda Abdi.
Sedangkan Atlet junior putri lolos seleksi yaitu Zeriflita Aura Rinjani berasal dari FPTI Banjarbaru, Andika Nabila FPTI Hulu Sungai Tengah dan Hudiya Lailan Nisfi FPTI Tanah Laut.
“Secara faktual data base hasil tes atlet yang bersangkutan, adalah murni sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.” pungkasnya Bandi. (airlangga)
Editor : Akhmad