Berita Utama

44 Koli Tabloid Indonesia Barokah Diamankan Bawaslu

BANJARMASIN, klikkalsel – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kalimantan Selatan, mengamankan 44 koli Tabloid Indonesia Barokah.

Jika dihitung, 44 koli Tabloid Indonesia Barokah tersebut berjumlah 7.920 exemplar diduga akan disebr di 13 kabupaten/kota di Kalsel.

Ketua Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan Iwan Setiawan mengatakan, Informasi tersebut didapatkan dari beberapa sumber, karena Tabloid Indonesia Barokah ini diindikasi memuat unsur Black Campaign.

Jadi hal Ini merupakan salah satu tugas dari Bawaslu Provinsi dalam rangka usaha pencegahan, yang berkoordinasi langsung bersama pihak Kantor Posindo, Polda Kalsel serta Gakumdu.

“Black Campaign ini memberitakan atau menyudutkan salah satu pasangan calon tertentu. Ini harus kami hindari dengan cara pencegahan-pencegahan, hari ini kami lakukan pengamanan dan selanjutnya akan terus kami konsultasikan dengan pihak Gakumdu,” ucap Iwan Setiawan, Selasa (29/1/2019).

Sebelumnya, hanya terdapat tiga koli atau 1.248 exemplar yang tersebar di tiga kabupaten/kota, yaitu Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten Banjar, dan Kota Banjarbaru.

“Sekarang yang terdata ada sebanyak 44 koli atau kurang lebih 7.920 exemplar, yang akan didistribusikan ke masjid dan pesantren di 13 kabupaten/kota se Kalimantan Selatan serta sebagian Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur,” tuturnya.

Dari rekapan data sementara, Tabloid Indonesia Barokah yang sudah tersebar ada sebanyak 3.922 yang terbagi di Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, dan Bali.
(fachrul)

Editor : Alfarabi

To Top