4.352 Petugas Diterjunkan Amankan Pemilu

Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sumarto dan Dandim 1007 Banjarmasin Letkol Inf Nopid Arif bersama pihak terkait melakukan pengecekan pasukan pengamanan pemilu.(foto ; rizqon/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel – Elemen pengamanan dari unsur tiga pilar tingkat kota menggelar apel bersama kesiapan pasukan dalam pengamanan pelaksanaan pemilu 2019.

Apel itu digelar di halaman Mapolresta Banjarmasin, Kamis (14/2/2019) sore.

Tiga elemen pengamanan itu terdiri dari Polisi, TNI, dan Linmas.

Jajaran Polresta Banjarmasin sendiri, mengerahkan 774 personil dari beberapa kesatuan, yakni Bhabinkamtibmas, Reserse Kriminal, Brimob, Sabhara dan Intel.

Sementara itu, pasukan dari Linmas yang digabung dengan TNI berjumlah 3.758 orang.

Total ada 4.352 petugas yang diturunkan untuk mengawal pelaksanaan Pemilu.

Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sumarto menegaskan, angka tersebut adalah pasukan pengamanan terbuka.

“Beberapa upaya sudah kita lakukan, seperti deklarasi damai. Diharapkan, hingga selesai masa kampanye betul-betul tenang.

“Sehingga pada pemungutan di 1.879 TPS bisa kita lalukan pengamanan khususnya di Kota Banjarmasin,” terang Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sumarto.

Ia menambahkan pengamanan juga dilakulan secara tertutup. Itu dilakukan guna mendeteksi dini dan mencegah sebelum terjadinya kerawan atau keributan yang mengarah ke tindak pidana umum maupun pidana Pemilu.

“Ada, kan kita ada satgas (satuan tugas) dari tertutup dan terbuka. Dibagi dua itulah, kita ada deteksinya, langkah preventif penegakan hukum,” cetusnya kepada awak media.

Dalam apel kesiapan pasukan pengamanan Pemilu tersebut, turut dihadiri Ketua KPU Banjarmasin Khairunizan, Dandim 1007 Banjarmasin Letkol Inf Nopid Arif, serta pihak Bawaslu, sejumlah perwakilan parpol, pejabat leslatif dan eksekutif Kota Banjarmasin. (rizqon)

Editor : Farid