340 Personil Disiapkan Amankan Pilkades di Kabupaten Tabalong

Kapolres Tabalong AKBP Hardiono, memimpin apel pergelaran pasukan pengamanan Pilkades serentak tahun 2019 Kabupaten Tabalong. (foto : istimewa)

TANJUNG, klikkalsel – Kepolisian Resort (Polres) Tabalong menggelar apel gelar pasukan pengamanan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun 2019 Kabupaten Tabalong, Rabu (21/8/2019).

Apel dilaksanakan di Halaman Mapolres Tabalong dan dipimpin langsung oleh Kapolres Tabalong, AKBP Hardiono.

Dalam pengaman Pilkades kali ini, Polres Tabalong menerjunkan 340 personilnya yang akan disebar ke 57 desa yang menggelar Pilkades.

“105 TPS yang akan kita amankan, tiap TPS kita turunkan 2 personil,” ujar Kapolres kepada awak media.

Kegiatan pengamanan Pilkades ini, Kapolres mengaatakan akan dimulai pada hari ini sampai nanti hingga situasi kondusif. Pengamanan ini juga melibatkan Satbrimob dan TNI.

“Satbrimob siap membantu dan mensiagakan di Mako, kemudian dari Dandim juga mensiagakan anggotanya di kodim, tentunya ini bukan menakut – nakuti namun justru ingin memberikan keyakinan kepada masyarakat bisa memberikan hak pilihnya secara aman, damai dan tentram itu filosofi kegiatan pengamanan kita ini,” terang Kapolres.

Untuk diketahui, dalam pelaksanaan Pilkades serentak 2019 Kabupaten Tabalong kali ini, ada tiga desa yang menggunakan sistem e-voting untuk memilih calon kepala desanya.

Tiga desa tersebut yakni, Desa Kasiau, Kambitin dan Tanta.

Terpisah, Dandim 1008/Tanjung Letkol Arm Edy Susanto mengatakan, dirinya bersama Kapolres Tabalong berharap pelaksanaan Pilkades serentak dapat berjalan dengan lancar dan kondusif.

Sehingga masyarakat dapat mencoblos dengan tenang, biarkan masyarakat menggunakan hak pilihnya sesuai hati nurani dan menghasilkan pemimpin yang berkualitas.

“Jangan sampai perbedaan pilihan menjadikan kita terpecah-belah. Kami yakin masyarakat tidak seperti itu. Berkaca dari Pileg maupun Pilpres beberapa waktu lalu, semuanya juga berjalan kondusif dan lancar,” ujarnya.

Pada Pilkades yang akan digelar serentak di 57 desa yang ada di Kabupaten Tabalong, Dandim berpesan kepada para personilnya yang melakukan pengamanan Pilkades agar tetap siaga dan bertanggung jawab dengan tempat plotingnya masing masing.

Selain itu dirinya juga berpesan agar masing-masing anggota tetap menjaga kondisi kesehatan selama pelaksanaan Pengamanan.

“Setiap ada kejadian yang menonjol segera dilaporkan kepada pimpinan,” imbuh Dandim.(arif)

Editor : Amran