Banjar  

3000 Hansip Dengan Seragam Baru Siap Amankan Pemilu 2024 di Kabupaten Banjar

Bupati Banjar, H. Saidi Mansyur bersama dengan Kasat Pol PP Banjar, saat mengecek kesiapan pasukan Satlinmas di Alun-alun RTH Ratu Zalecha Martapura, Rabu (06/12/2023).(Sumber: Mada Al Madani)

MARTAPURA, klikkasel.com – Sekitar 3000 orang Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) atau yang akrab disebut Pertahanan Sipil (Hansip) di seluruh Kelurahan dan Desa Kabupaten Banjar, mengikuti apel gelar pasukan di Alun-alun Ruang Terbuka Hijau (RTH) Ratu Zalecha Martapura, jelang persiapan menuju Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Rabu (06/12/2023) pagi.

Bupati Banjar, H. Saidi Mansyur menjelaska, Gelar Pasukan Linmas tersebut untuk menyatukan barisan menjelang Pemilu serentak 2024 mendatang.

“Hari ini yang berhadir ada 3000 Linmas, di mana dalam satu desa dan kelurahan terdapat sepuluh orang Linmas,” ucapnya.

Menurut Saidi, Satlinmas akan berperan banyak dalam membantu TNI Polri, serta instansi terkait dalam membantu pengamanan Pemilu serentak nanti.

Baca Juga : Gelar Apel Pasukan Wujudkan Pemilu Aman

Baca Juga : Motif Gengster Banjarbaru Karena Ingin Terlihat Jago

Selain itu, Saidi juga menyediakan seragam untuk para Linmas yang ada di desa. Pasalnnya dari beberapa tahun belakangan, saat melakukan mengamankan pesta demokratis di Kabupaten Banjar, banyak Linmas tidak memakai seragam sebagai mana mestinya.

Bupati Banjar, H. Saidi Mansyur saat menyerahkan kaos Linmas secara simbolis setelah apel gelar pasukan, Rabu (06/12/2023).(Sumber: Mada Al Madani)

“Nah ini yang menjadi inisiatif kami sebagai pimpinan untuk memikirkannya. Insya Allah di tahun ini kami akan membagikan kaos untuk para Linmas agar mereka lebih dikenal masyarakat dan sesuai dengan fungsi mereka, mejaga keamanan dan ketertiban,” tuturnya.

Bahkan pada tahun 2024, Pemkab Banjar melalui Dinas Satpol PP menganggarkan untuk pakaian lapangan, dari kepala hingga kaki.

Sementara itu, Irwan Kumar selaku Kasatpol PP Banjar menambahkan, pihaknya telah menganggarkan sebesar Rp5 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten.

“Anggaran ini dibantu bapak Bupati dan sedang disiapkan, juga nanti jika sudah pengesahan oleh Legislatif dan eksekutif kita akan melakukan lelang, sesuai dengan aturan kemendagri,” tambahnya. (Mada Al Madani)

Editor: Abadi