Sosial

30 Penyandang Disabilitas Dapat Bantuan Tongkat dari Gerak Bareng

30 Penyandang Disabilitas Dapat Bantuan Tongkat dari Gerak Bareng

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Yayasan Gerak Bareng Foundation Jakarta, memberikan bantuan berupa tongkat untuk warga disabilitas Banjarmasin yang tergabung di Persatuan Tunanetra Indonesia (PERTUNI) Kota Banjarmasin, Selasa (16/2/2021).

Sebabak 30 tongkat sebagai alat bantu orang penyandang dusabilitas diberikan langsung oleh Pembina Yayasan Gerak Bareng Foundation Jakarta, Ahmad Zaki Ali di basecamp Gerak Bareng di Banjarmasin Jalan Pangeran RT.23 gang Al-Amin Sungai Kindaung Banjarmasin Utara.

Ahmad Zaki Ali mengatakan, Pertemuan hari ini bersama Pertuni Kota Banjarmasin untuk menyerahkan bantuan dari donasi para donatur untuk menyerahkan 30 tongkat kepada penyandang tunanetra di Kota Banjarmasin.

“Kita adakan pertemuan dengan Pertuni Banjarmasin Guna menyampaikan Bantuan donasi tongkat untuk penyandang tunanetra” kata Ahmad Zaki Ali usai penyerahan bantuan tersebut.

Dijelaskan Ahmad Zaki Ali gerakan atau program yang diinisiasikan Gerak Bareng selama satu tahun terakhir untuk membantu kurang lebih 500 tunanetra yang ada di seluruh indonesia.

“Bantuan tersebut dalam bentuk tongkat untuk penyandang tunanetra,” tuturnya.

Selain itu, di masa pandemi saat ini pihaknya juga memberikan bantuan seperti sembako. Karena kita sama sama mengetahui bahwa penyandang Tunanetra juga mengalami kesulitan untuk mencari nafkah.

“Mereka tidak bisa membuka usaha pijat dan tidak bisa memijat pasien karena keterbatasan dalam masa pandemi yang mengharuskan mereka untuk social distancing deni menjaga kesehatan mereka juga,” ujarnya.

Kendati demikian, harus menjaga kesehatan mereka, menurut Ahmad Zaki Ali itu juga membuat mereka kesulitan untuk mencari nafkah.

“Maka pertemuan kita hari ini kepada mereka juga untuk memberikan bantuan karitatif kepada mereka agar dapat menyambung hidup dan mudah-mudahan inisiatif kegiatan ini bisa memicu masyarakat lainnya untuk membantu para disabilitas khususnya penyandang tunanetra yang ada di Kota Banjarmasin,” harapnya.

Ia juga mengungkapkan Gerak Bareng akan terus tumbuh dan berkembang menjadi lembaga kemanusiaan yang kredibel dan terpercaya dalam menjalankan amanah.

“Sejak awal terbentuk, kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang membutuhkan,” tegasnya.

Sebelumnya, Gerak Bareng sudah ada di Banjarmasin sejak awal tahun 2021 dan berfokus untuk membantu warga yang terdampak banjir, muli dari evakuasi dan mendistribusikan logistik atau sembako, obat obatan, pakaian dan selimut kepada warga terdampak banjir di Kalimantan Selatan.

Disamping itu, Khairul Anam Penggiat Sosial menyambut baik kegiatan tersebut karena kondisi seperti ini para disabilitas khususnya penyandang tunanetra sangat terdampak mulai dari segi ekonomi khususnya.

“Mereka di kondisi saat ini kesulitan mencari nafkah karena pandemi dan harus social distancing mereka yang rata rata menggeluti bidang jasa pijat banyak yang menganggur,” imbuhnya.

Ketua Pertuni Kota Banjarmasin, Arsyad mengatakan pihaknya sangat terbantukan dan berterima kasih atas kepedulian Gerak Barang terhadap kawan kawan disabilitas khususnya penyandang Tunanetra di Banjarmasin.

“Alhamdulilah, saya mewakili kawan kawan di Pertuni Banjarmasin mengucapkan banyak terimakasih dengan diberikanya kami 30 tongkat ini tentunya sangat membantu untuk mobilitas dan orientasi kami sehari hari,” ucap ketua Pertuni.

Dengan adanya tongkat tersebut, setidaknya pihaknya sangat terbantukan selain sebagai penunjuk jalan juga menandakan bahwa di jalan itu adalah orang disabilitas penyandang Tunanetra.

“Mudah mudahan para donatur dan relawan yang memberikan bantuan ini diberikan kesehatan dan mendapatkan balasan kebaikan yang setimpal,” pungkasnya.(airlangga)

Editor : Amran

To Top