27 Karateka ‘Kejar’ Lisensi Wasit Juri tingkat Provinsi

BANJARMASIN, klikkalsel – Sebanyak 27 Karateka di Kalimantan Selatan, mengikuti Ujian Wasit Juri Lisensi tingkat Provinsi, di Aula Edotel jalan Brigjend Hasan Basri Kayu Tangi Banjarmasin, Kamis (3/7/2019).

Ujian yang digelar FORKI Banjarmasin diikuti karateka sabuk hitam dengan Kyu/tingkatan 1 hingga 4, dibagi dua kelas, yakni kata dan kumite atau pertarungan.

Materi ujian diberikan Wasit Juri Asia dari PB FORKI, Ã…bdul Rahman dan Siti Mariana, dibantu wasit nasional, Tajudin Noor, berupa teori aturan pertandingan serta sikap dan penerapan aturan saat memimpin pertandingan di matras.

Ketua pelaksana ujian, Abdul Rahman, mengatakan, selain program kerja Pengprov FORKI Kalsel, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas para wasit juri, yang selama ini dinilai belum maksimal.

“Wasit juri di daerah kita masih sangat sedikit, sehingga aturan pertandingan banyak tidak dipahami dengan baik dan itu berdampak pada kualitas karakteka,” ungkapnya.

Sementara itu, ketua FORKI Kalsel Versi AD/ART yang juga pengurus PB FORKI Bidang Organisasi, Johan Supit, Menyambut gembira kegiatan ini.

Ia berharap peserta ujian bisa menyerap dengan baik dan diterapkan kepada anak didiknya. “wasit juri itu memang harus memiliki lisensi, agar saat memimpin sebuah pertandingan paham dengan aturan tidak asal membuat keputusan,” tambah pria yang akrab disapa bang Joe.

Saat ini Kalimantan Selatan hanya memiliki 64 wasit juri berlisensi provinsi, sedangkan nasional dan internasional hanya 16 orang. (ist)

Editor : Farid

Related Articles

Trending

Terbaru

IKUTI KAMI

1,763FansSuka
26,867PengikutMengikuti
582PelangganBerlangganan