25 Tagana Muda Tabalong Ikuti Pemantapan, Bupati: Selalu Siap!

Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani ketika menyerahkan kelengkapan kepada Tagana Muda

TANJUNG, Klikkalsel.com – Tingkatkan tindakan penanggulangan bencana secara taktis, sebanyak 25 orang Taruna Siaga Bencana (Tagana) Muda Kabupaten Tabalong Tahun 2022 mengikuti pemantapan, Jumat (27/5/2022).

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Sosial Tabalong dan dilaksanakan selama tiga hari sampai dengan 29 Mei 2022 bertempat di di Wisma Tamu Bersinar dan Mako Tagana Tabalong.

Kepala Dinas Sosial Tabalong, Abu Bakar Sidiq mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilakukan agar penanganan di lapangan dapat dilakukan secara cepat dan tepat.

“Kalau tidak siap dengan Tagana kita tentu kita akan kewalahan penanganan bencana,” ucapnya.

Abu Bakar menginformasikan bahwa untuk saat ini pihaknya mencoba meningkatkan sistem dan teknik, salahsatunya mendorong dapur umum swadaya yang dibangun masyarakat.

Baca Juga : Tagana Bangun Sejumlah Dapur Umum, Berikut Data Bencana Hedrometeorologi di Kalsel

Baca Juga : Peran Serta Tagana dan PKH Diharapkan Dalam Menjalankan Pemilu

“Tagana ini semacam orang yang mempolopori dalam gerakan dapur umum yang kita bangun nanti,” katanya.

Sementara Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani mengatakan bahwa para Tagana dituntut perannya untuk bencana banjir seperti yang terjadi sekarang.

“Itu sebabnya Tagana Muda perlu dilatih, karena orang yang dilatih dengan yang bukan itu ketika memberikan bantuan akan berbeda,” ujarnya.

Menurutnya, keterampilan merupakan hal penting karena tentunya akan memangkas waktu,” kalau tidak terampil maka waktunya agak lama,” tuturnya.

Ia berpesan kepada para Tagana muda agar selalu siap meskipun ada ataupun tidak ada bencana.

“Harus standby, ada atau tidak ada bencana Tagana Muda harus siap,” pesannya.

Dalam kesempatan itu, Tagana muda mendapatkan kelengkapan berupa baju pelatihan, sepatu, sertifikat pelatihan dan transport selama pelatihan. (Adv/Dilah)

Editor: Siti Nurul