200 Kg Perhari, Ikan Kotabaru Masuk Pasar Luar Negeri

Pengusaha ikan asal Kotabaru, Abu, (duduk posisi tengah) saat bersama para nelayan. (foto : duki/klikkalsel)

KOTABARU, klikkalsel– Sumber Daya Alam Kabupaten Kotabaru memang sudah tidak diragukan lagi. Terlebih hasil laut yang melimpah ruah.

Bahkan ikan asal Kotabaru sudah mampu menembus pasar luar negeri hingga 200 kilogram perhari. Bisa dibayangkan, aneka ragam ikan segar asal Kotabaru tembus di pasar luar negeri tersebut sudah berjalan bertahun-tahun lamanya.

Pengusaha ikan asal Kotabaru, Abu, (duduk posisi tengah) saat bersama para nelayan. (foto : duki/klikkalsel)

Hal ini diungkapkan langsung oleh pengusaha ikan asal Kotabaru Abu, yang mengaku sudah 12 tahun menggeluti usaha jual beli ikan di Kotabaru, Selasa, (27/2/2018).

Menurut Abu, ikan segar Kotabaru yang dikirim sudah mampu bersaing dan dipasarkan hingga ke luar negeri karena berkualitas, dan memenuhi standar ekspor.

Sementara negara-negara yang rutin menampung ikan asal Kotabaru yakni Malaysia, Singapura, dan Taiwan.

“Kita setiap hari rutin ekspor ikan itu paling sedikit 200 kilogram, dan paling banyak 2 ton. Sementara ikan dikirim ke Malaysia, dan Singapura. Namun, ketika Taiwan order, maka juga kita mengirimnya kesana,” tutur Abu santai.

Selain itu kata dia, pengiriman ikan segar dari Kotabaru dilakukan melalui sarana darat. Selanjutnya, dari Banjarmasin menuju Jakarta melalui pesawat, transit dan diteruskan ke luar negeri.

“Sebenarnya kita hanya perantara saja. Membeli ikan segar dari nelayan Kotabaru. Kawan-kawan di Jakarta lah yang meneruskan pengiriman ikan itu ke luar negeri,” tandas Abu.

Sementara, ragam jenis ikan yang rutin dikirim, dan menembus pasar luar negeri dari Kotabaru yakni ikan Tengiri, Bawal Putih, Bebaraan, Bambangan, Kakap Merah, dan Kerapu.(duki)

Editor : Amran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.