Peristiwa & Hukum

13.433 Jiwa di 6 Desa Kecamatan Satui Terdampak Banjir Setinggi 2-3 Meter Sejak H-1 Lebaran

BATULICIN, klikkkalsel.com – Banjir setinggi 2-3 meter melanda 6 desa di Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). Proses evakuasi terus dilakukan tim gabungan yang telah mendata 13.433 jiwa penyintas banjir.

Sehari menjelang lebaran Idul Fitri 12 Mei hingga Sabtu (15/5/2021), banjir yang melanda Kabupaten Tanah Bumbu sudah mendapat penanganan dari
tim gabungan khususnya dari unsur Kantor SAR Banjarmasin, BPBD, Tagana Kalsel dan Tagana Kabupaten Tanah Bumbu, TNI, POLRI serta relawan swasta lainnya tak henti melakukan penyisiran dan pertolongan sejak hari pertama banjir melanda.

Koordinator Operasi SAR Kecamatan Satui dari Kantor SAR Banjarmasin, Aziz, menerangkan banjir yang melanda desa yakni Desa Sinar Bulan, Desa Jombang, Desa Sungai Danau, Desa Sejahtera Mulia, Desa Satui Barat, dan Desa Satui Timur.

“Jadi kita hari ini telah melakukan evakuasi terhadap korban terdampak banjir. Jadi untuk Kecamatan Satui Kabupaten Tanah Bumbu ini yang terdampak ada 3.891 KK (kepala keluarga), kemudian untuk jiwanya 13.433 jiwa. Kemudian ketinggian air rata-rata 2-3 meter,” ungkapnya, Sabtu (15/5/2021).

Tak sedikit warga yang bermukim di rumah bertingkat masih bertahan di tengah kepungan banjir. Meski demikian, hal ini tetap menjadi perhatian serius tim gabungan SAR diantaranya mendistribusikan logistik makanan.

“Jadi kita selama 24 ini, kita stanby menunggu apabila ada masyarakat yang membutuhkan bantuan kita, otomatis kita bergerak,” tegas Aziz.

Sementara itu, Dinas Sosial Provinsi Kalsel melalui Tagana dan Pelopor Perdamaian telah melakukan progresif penanganan. Selain pendataan, Dinsos Kalsel melakukan pendistribusian logistik untuk pemenuhan kebutuhan dasar termasuk mengerahkan Tim Dukungan Psikososial.

Selain itu, Dinas Sosial Kabupaten Tanah Bumbu mendirikan Dapur Umum Lapangan dan menyediakan sebanyak 1.500 paket makanan siap saji per hari dan dibantu lembaga sosial swasta lainnya yang juga membantu kebutuhan makanan penyintas banjir.(rizqon)

Editor : Amran

To Top