Minggu, Oktober 17, 2021

124.478 Siswa Siap Ikuti UNBK

BANJARMASIN, klikkalsel – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kalsel yang akan diikuti tingkat SMA hingga Paket C dan dari SMP hingga Paket B, optimis berjalan lancar.

Bahkan UN ini akan diikuti 124.478 siswa dan tak satu pun didaftarkan untuk UNKP (Ujian Nasional Kertas dan Pensil). Pemprov Kalsel bahkan mengklaim 100 persen UNBK tahun 2019.

Kabid Bina SMA Dinas Pendidikan Kalsel, Muhammadun menyampaikan, persiapan UN sejak awal sudah matang dan membuktikan kalau Kalsel bisa melaksnakannya.

“Itulah hebatnya Kalsel. Tahun ini sudah sanggup UNBK 100 persen. Dari SMA sampai Paket C. Dari SMP hingga Paket B. Enggak ada lagi yang namanya ujian kertas,” ucapnya, Jumat (22/2/2019).

Kendati belum semua sekolah mampu mandiri, namun dari total 1.263 sekolah peserta UN, baru 640 sekolah yang sanggup menyelenggarakan UNBK secara mandiri. Sisanya, 623 sekolah terpaksa bergabung ke sekolah terdekat.

Sementara persiapan pelaksanaan UNBK tersebut, dipastikan Muhammadun mencapai 90 persen. Bahkan kata dia, ujian ini harus segera dilaksanakan karena jadwal UN sudah dimajukan.

“Kita menghindari terbntur Pileg dan Pilpres. Apalagi bulan Ramadan juga kian dekat,” jelasnya.

Terkait jadwal pelaksanaan UNBK untuk SMA ditambahkannya, akan digelar pada 1 April, kemudian disusul oleh SMP, Paket C dan Paket B. Sehingga sudah selesai sebelum pemilu semua sudah tuntas.

“Karena ada peserta UN sudah menginjak usia 17 tahun. Menjadi pemilih pemula pada Pemilu 2019. Jika gara-gara UN mereka tak bisa mencoblos, bakal menimbulkan kegaduhan baru,” imbuhnya.(syarif wamen)

Editor : Alfarabi

Related Articles

Trending

Terbaru

TOPIK POPULER

IKUTI KAMI

1,763FansSuka
26,867PengikutMengikuti
582PelangganBerlangganan