Banjarmasin

11.733 Peserta Jalani Tes SBMPTN ULM

Peserta tampak serius menjawab soal tertulis SBMPTN di gedung serbaguna ULM Banjarmasin. (azka/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel – Peserta yang mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), mengalami peningkatan.

Prof Dr Ahmad Alim Bachri, SE, MSi. (azka/klikkalsel)

“Dalam pelaksanaan tahun 2018 tersebut peserta yang ingin masuk ULM meningkat sekitar 1.000 orang,” ucap Ketua Panitia pelaksana Prof Dr Ahmad Alim Bachri.

Total sebanyak 11.733 peserta yang mengikuti SBMPTN di ULM Banjarmasin, Selasa, (5/8/2018), kemarin.

Namun, kata dia, untuk tahun ini ULM hanya menyediakan kursi untuk mahasiswa baru hanya sebanyak 6.317.

Itupun, sambungnya, harus dibagi dengan penerimaan mahasiswa baru melalui tiga jalur seleksi, yakni Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), lalu SBMPTN dan terakhir jalur mandiri.

Dimana pada SNMPTN mendapat quota menerima sebanyak 1.996 mahasiswa baru, kemudian jalur SBMPTN dijatah sebanyak 2.000 kursi. Sisanya diambil melalui jalur mandiri.

Hasil SBNPTN itu akan diumumkan pada 3 Juli 2018 nanti. “Peserta yang tak lolos jangan berkecil hati, karena masih bisa ikut seleksi jalur mandiri,” sebut Ahmad Alim Bachri.

Jadi, bila peserta beum lolos SNMPTN dan SBNPTN masih berkesempatan terpilih lewat jalur mandiri, atau seleksi tertulis yang dilaksanakan langsung pihak ULM.

Dijelaskannya, sistem rekrutmen mahasiswa baru ini sudah diatur Permenristek No 90 tahun 2017. “Sesuai itu, jalur SNMPTN dan SBNPTN dimana koutanya minimal 30 persen, sedangkan untuk jalur mandiri maksimal 30 persen.

Wakil Rektor I ULM ini menyebutkan, ada 26 titik lokasi pelaksanaan SBNPTN ULM. Dan pelaksanaannya berjalan lancar dan dipantau langsung oleh tim monitor panitia pusat. (azka)

Editor : Farid

To Top