Pemerintahan

1.500 Personil Aparat Gabungan Kalsel Diterjunkan Dalam Operasi Ketupat Intan 2021

BANJARMASIN, klikkkalsel.com – Pemerintah provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) bersama TNI dan Polri serta instansi terkait lainnya menggelar apel kesiapan Operasi Ketupat intan 2021 di Mapolda Kalsel, Banjarmasin, Rabu (5/5/2021). Sebanyak 1.500 personil gabungan disiagakan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat pada perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah.

Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA memimpin apel sekaligus mengecek ribuan personil yang akan dikerahkan dalam pengamanan dan peniadaan mudik lebaran. 1.500 personil TNI dan Polri serta instansi terkait lainnya akan berjaga di beberapa di posko penyekatan masuk dan keluarnya warga yang akan melakukan aktifitas mudik.

Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA meminta pengertian dan kerjasama masyarakat agar menahan diri untuk mudik. Imbauan ini, sebutnya, guna mencegah meluasnya penyebaran Covid-19 yang masih melanda.

Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto menerangkan 1.500 gabungan yang disiagakan guna menjamin kondusifitas di momen lebaran Idul Fitri 2021, baik itu gangguan keagamaan dan lonjakan kasus Covid-19. Senada dengan Pj gubernur, Kapolda minta partisipasi masyarakat dalam operasi Ketupat Intan 2021.

“Saya berharap juga setelah selesai nanti Idul Fitri tidak terjadi lonjakan Covid-19 di Kalimantan Selatan. Kita berharap masyarakat berpartisipasi. Petugasnya siap, masyarakatnya juga care (peduli) terhadap kesehatan sehingga kita aman melalui Idul Fitri ini,” pungkasnya.

Berdasarkan data pemerintah menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah, tren kasus Covid-19 di Indonesia mengalami kenaikan sebesar 2,03persen. Hal ini disebabkan karena adanya peningkatan aktifitas masyarakat, mengingat pada tahun 2020 tren kenaikan kasus setelah pelaksanaan libur panjang meningkat 93% setelah pelaksanaan libur Idul Fitri. (rizqon)

Editor : Akhmad

To Top