1.366 Kotak Berisi Surat Suara Banjarbaru Dikawal Ketat

Pengecekan logistik pemilu 2019 di Pelabuhan Trisakti Bandarmasih Banjarmasin, mendapat pengawalan ketat aparat kepolisian.(foto : rizqon/klikalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel – Sebanyak 1.366 kotak surat suara pertama pemilu 2019 tiba di Pelabuhan Trisakti Bandarmasih Banjarmasin, Kamis (14/2/2019). Kedatangan logistik Pemilu ini sekitar pukul 11.00 WITA, mendapat pengawalan ketat aparat kepolisian.

Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani secara langsung mendamping jajaran KPU Provinsi Kalimantan Selatan, saat proses pengecekan kontainer yang berisi 801.372 lembar surat suara Pilpres, Pileg DPR RI, DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Pengiriman pertama surat logistik Pemilu tersebut, melalui jalur laut menggunakan Kapal Meson (KM) Ambon dari Surabaya, Jawa Timur. Komisioner KPU Kalsel Edy Ariansyah menegaskan pemeriksaan kontainer milik PT Pos Logistik Indonesia, masih tersegel dan sesuai dengan resi pengiriman.

“Kita melihat kontainer yang datang. Kita lihat masih tersegel langsung dibawa ke Banjarbaru. Nanti dibongkar disana dan dilihat apakah sesuai atau tidak, yang jelas segel tidak ada cacat,” ucap mantan staf ahli bidang hukum Bawaslu RI, Edy Ariansyah kepada awak media.

Komisioner KPU Provinsi Kalsel Edy Ariansyah (kiri) dan Kapolda Kalse Irjen Pol Yazid Fanani (kanan). (foto : rizqon/klikkalsel)

Sementara itu, Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani mengatakan pihaknya akan mengawal ketat semua logistik yang datang. Pengawalan sendiri dilakukan secara terbuka maupun tertutup hingga proses distribusi ke tingkat TPS.

“kita pastikan masih tersegel dan sesuai. Untuk pengawalan personil kita lakukan terbuka dan tertutup. Kita akan kawal sampai proses distribusi ke tingkat TPS,” cetus Mantan Staf Ahli Bidang Hukum dan HAM Badan Intelejen Negara (BIN), Irjen Pol Yazid Fanani.

Rencananya, logistik pemilu 2019 kotak suara dan surat suara untuk kabupaten/kota lainnya seKalimantan Selatan akan segera juga didistribusikan. Dalam waktu dekat ini, Kabupaten Tanah Laut yang bakal menerima pengiriman tersebut. (rizqon)

Editor : Farid