Politik

1.066 Linmas Diserahkan ke Polres Balangan untuk PAM TPS

PARINGIN, klikkalsel.com – 1.066 anggota Linmas Kabupaten Balangan resmi diserahkan kepada Polres Balangan untuk pengamanan pesta demokrasi pada 9 Desember 2020 mendatang.

Secara simbolis, Plt Bupati Balangan, Syaifullah diwakili Kasatpol PP Kabupaten Balangan, Rahmadi Yusni menyerahkan anggota Linmas kepada Kapolres Balangan, AKPB Nur Khamid.

Kegiatan apel penyerahan anggota Linmas tersebut berlangsung di Lapangan Kantor Bupati Balangan, Kamis (26/11/2020).

Pasca menerima anggota, AKBP Nur Khamid langsung memberikan arahan. Terlebih ke depan untuk pengamanan dan penempatan diarahkan oleh jajaran Polres Balangan.

“Kepada para anggota Linmas, kami sudah tekankan agar mereka profesional dalam pengamanan dan jangan sampai menggiring satu paslon untuk kepentingan tertentu,” ucapnya.

Ia juga mengimbau, kepada Linmas agar ketika nantinya masyarakat memilih, diwajibkan menggunakan masker. Hal itu sebagai upaya pencegahan atau menghindari adanya kluster baru.

Sebutnya pula, Linmas diminta untuk menertibkan masyarakat yang nantinya datang ke TPS. Utamanya agar tidak ada kerumunan yang terjadi, sehingga protokol kesehatan di TPS berjalan sebaik mungkin.

“Kami sudah koordinasi dengan KPU Balangan untuk mengatur waktu pencoblosan. Sehingga meminimalisir kerumunan,” tambahnya.

Ke depan, akan kembali dilakukan apel serupa untuk kesiapan dan koordinasi pengamanan. Begitu pula untuk penempatan para Linmas di TPS serta pengamanan dari anggota kepolisian dan TNI.

Terlepas dari itu, sebelum diserahkan kepada Polres Balangan, Linmas Kabupaten Balangan juga telah mendapatkan pembekalan dari Satpol PP Balangan.

Sebagaimana disampaikan oleh Kasatpol PP Balangan, Rahmadi Yusni, pembekalan sudah diberikan sejak September lalu. Sehingga para Linmas telah mengetahui tugas dan fungsi mereka saat pengamanan TPS.

“Kami sudah melakukan pembekalan dan sosialisasi penyelenggaraan Pilkada. Kegiatan dilakukan kepada Linmas pada tiap kecamatan,” jelas Rahmadi.

Linmas juga akan melakukan pengamanan melekat di TPS, bersama dengan TNI Polri yang bertugas mengamankan area tersebut. (adv/fitri)

Editor : Akhmad

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top