1.010 Personel Gabungan Siap Amankan Pemilu di Banjarmasin

Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Sumarto dan Wakapolres, AKBP Rahmat Budi Handoko saat bertemu awak media.(foto : david/klikkalsel)

BANJARMASIN, klikkalsel- Dua hari jelang pelaksanaan Pemilu 2019 Polresta Banjarmasin telah memetakan wilayah Kota Banjarmasin untuk mengantisipasi keamanan baik sebelum pemilu maupun sesudah pelaksanaan pencoblosan.

Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Sumarto saat bertemu awak media di Mapolresta Banjarmasin, Senin (15/4/2019) menyebutkan untuk wilayah Banjarmasin masih dalam keadaan kondusif.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres yang didampingi Wakapolres, AKBP Rahmat Budi Handoko meungkapkan sebanyak 567 personel Polresta dikerahkan untuk hajatan lima tahunan ini.

Selain itu tambahan personel juga diberikan oleh Polda Kalsel sebanyak 200 personel, 240 personel dari Korem/101 Antasari, 100 personel dari Kodim 1007/Banjarmasin dan tambahan personel dari satuan lain.

“Kalau dijumlah totalnya kurang lebih 1.010 personel yang kita kerahkan,” ungkap Sumarto.

Seluruh personel tersebut dikerahkan untuk memastikan pencoblosan yang digelar di 1.879 TPS di 5 kecamatan di Banjarmasin pada 17 April 2019 berjalan aman.

Meski ada TPS yang dianggap memiliki potensi sangat rawan sebagaimana hasil pemetaan potensi kerawanan, Kapolresta optimis wilayah Banjarmasin aman.

“Ada TPS yang kita anggap aman, kurang rawan dan sangat rawan. Yang sangat rawan dijaga oleh dua personel,” ujarnya.

Selain pengamanan TPS, pihaknya juga memastikan pendistribusian logistik Pemilu lancar hingga ke TPS.

Hal senada juga diungkapkan Dandim 1007/ Banjarmasin, Letkol Inf Nopid Arif beberapa waktu lalu.

“Kita BKO dengan Polresta, selain itu sebagai tugas di wilayah kita laksanakan monitoring dan pengawasan baik terbuka maupun tertutup terhadap pelaksanaan pemilu,” ujar Dandim.

Dikatakan Dandim, masyarakat Banjarmasin sangat heterogen, namun damai dan energik.

Hal tersebut membuat ia yakin pelaksanaan Pemilu 2019 di Banjarmasin berjalan aman, sejum dan damai.

“Silahkan datang ke TPS, kami (TNI) akan mengamankan jalannya Pemilu. Karena kesuksesan Pemilu menjadi kerhormatan dan harga diri kami” tegas Dandim.(david)

Editor : Alfarabi