Tingkatkan Minat Baca Anak, PT MBP Serahkan Ratusan Buku dan 3 PC ke Perpustakaan Apung Sat Polairud Banjarmasin

BANJARMASIN, klikkalsel com – Sebanyak 591 buku yang terdiri dari buku pelajaran dan bacaan serta 3 personal computer (PC) diserahkan aq oleh PT Maritim Barito Perkasa (Adaro Logistik) ke Perpustakaan Lanting Pintar dan Perpustakaan Speed Keliling, Kamis (28/10/2021).

Buku-buku tersebut dihimpun dari karyawan perusahaan PT Maritim Barito Perkasa (Adaro Logistik) yang di Jakarta dan Banjarmasin. Hal itu disampaikan Kepala Divisi CSR Adaro Logistik, Iwan Wiranto usai penyerahan secara simbolis buku-buku tersebut.

Ujarnya, buku tersebut diberikan sebagai upaya untuk meningkatkan minat baca anak-anak yang ada di pesisir sungai.

Hal itu tambahnya sejalan dengan moto yang ada di Adaro yaitu ‘ Adaro Nyalakan Ilmu’.

“Kalau kita di Adaro itu ada moto Adaro Nyalakan Ilmu. Ini salah satu realisasinya di bawah PT MBP,” jelasnya.

Tiap tahunnya ujar Iwan pihaknya telah menyalurkan berbagai bantuan yang bersumber dari CSR untuk kemajuan bidang pendidikan yang diberikan ke berbagai sektor dan daerah.

“Untuk tahun ini kita bekerjasama dengan Polairud Polresta Banjarmasin untuk memberikan buku guna dimanfaatkan anak-anak kita,” ucapnya lagi.

Sementara itu, Kasat Polairud Polresta Banjarmasin, AKP Christugus Lirens mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan PT MBP kepada pihaknya.

Buku-buku tersebut nantinya sebagian akan diletakan di Perpustakaan Apung Lanting Pintar milik Sat Polairud Polresta Banjarmasin yang terletak di tepian Sungai Barito kawasan Alalak Tengah, Banjarmasin.

“Sebagian lagi akan kita letakan di Perpustakaan Speed Keliling untuk di bawa ke daerah pesisir Sungai. Jadi mereka yang tak bisa datang ke sini (Perpustakaan Apung) juga bisa menikmati bacaan ini,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa minat baca anak-anak di pesisir cukup tinggi. Hal itu dibuktikan dengan adanya anak-anak yang datang untuk mencari refrensi bacaan guna mendukung pembelajaran offline yang berlangsung beberapa saat lalu.

Terkait bantuan komputer yang diberikan, Kasat menyebut pihaknya akan memanfaatkannya mengajari anak-anak memahami mengoperasikan komputer.

Apalagi disaat pembelajaran offline, mereka yang tidak memiliki smartphone tentu akan sangat terbantu dengan adanya komputer tersebut.

“Nanti akan diajari dan didampingi oleh personel kita yang jaga. Minimal anak-anak bisa mengoperasikan komputer,” pungkasnya. (David)

Editor: Amran