Syukur Turun Level PPKM, Bupati Tabalong Tandai Dengan Panen Raya

TANJUNG, Klikkalsel.com – Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani lakukan panen raya padi di Lahan Rawa Lebak Desa Ampukung Kecamatan Kelua, Selasa (21/09/2021).

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan bantuan alat pasca panen perkebunan kepada Kelompok Tani Tunas Harapan dan pemberian piagam penghargaan kepada kelompok tani terbaik.

Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani mengungkapkan, kalimat syukur dalam rangka turunnya Level PPKM Kabupaten dari sebelumnya Level III menjadi Level II aq

“Penurunan dari Level III ke l
Level II harus kita syukuri dan kita tandai dengan kegiatan panen pada hari ini,” ujarnya.

Ia mengatakan, dalam dua tahun kegiatan panen tersebut tidak pernah dilakukan kembali, terakhir panen raya di Desa Ampukung dilakukan 3 tahun sebelumny.

“Oleh sebab itulah sebagai wujud rasa syukur kita atas penurunan Level PPKM ini semoga dua minggu yang akan datang bisa turun menjadi level I,” harapnya.

Secara terpisah, Kepala Dinas Pertanian dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan, Syamsir Rahman mengatakan, hanya pangan yang mampu bertahan pada masa pandemi Covid-19, hal tersebut telah diupayakan pemerintah agar Kabupaten Tabalong dapat lebih bagus dan berhasil.

“Keberhasilan tersebut dibuktikan dengan diberikannya penghargaan oleh Menteri Pertanian kepada Bupati Tabalong sebagai pelaksana kegiatan kontak tani nelayan andalan (KTNA) satu-satunya se Kalimantan Selatan,” jelasnya.

Plt. Kepala Dinas Pertanian Tabalong, Sam’ani menyampaikan, luas persawahan padi di Kabupaten Tabalong di tahun 2021 seluas 12.313 hektar.

“Telah berhasil panen pada pertanaman musim hujan lalu seluas 10.485 hektar dengan hasil produksi 49.274,5 ton,” ujarnya

Kemudian pertanaman di musim kemarau, yakni seluas 7.355 hektar yang diantaranya adalah pertanaman di lahan rawa lebak yang menyebar di empat kecamatan, yaitu Kelua, Muara Harus, Banua Lawas dan Pugaan. (Dilah)

Editor: Abadi

Related Articles

Trending

Terbaru

IKUTI KAMI

1,763FansSuka
26,867PengikutMengikuti
582PelangganBerlangganan