Sukses Turunkan Angka Stunting, Bupati HST Raih Penghargaan dari BKKBN RI

Bupati Aulia raih penghargaan dari BKKBN RI

BARABAI, klikkalsel.com – Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), H Aulia Oktafiandi meraih penghargaan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI atas keberhasilannya menurunkan angka stunting di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Tengah, berdasarkan hasil Survey Kesehatan Indonesia (SKI) Tahun 2023.

Penghargaan tersebut diserahkan pada malam Penganugerahan Tanda Penghargaan dan Gala Dinner dalam acara Hari Keluarga Nasional Tahun 2024 di Merapi Grand Ballroom PRPP, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (28/6/24) lalu.

Penghargaan di serahkan oleh Sekretaris Utama BKKBN RI Tavip Agus Rayanto dan diterima langsung oleh Bupati HST H Aulia Oktafiandi, Kategori Penurunan Prevalensi Stunting Tertinggi.

Kepala BKKBN RI, Dr (H.C) dr Hasto Wardoyo mengucapkan selamat atas diterimanya penghargaan. Ia berharap ini dapat menjadi contoh dan motivator di wilayahnya masing-masing.

“Kami juga bersama-sama dengan seluruh Kepala Daerah yang ada di daerah melakukan intervensi variable-variabel atau faktor-faktor yang efektif untuk mencegah lahirnya stunting baru,” katanya.

Baca Juga Dua Hari Diguyur Hujan dengan Intensitas Ringan Hingga Sedang, BPBD Ingatkan Warga HST Siaga

Baca Juga Puncak Hari Bhayangkara Ke-78, Kapolres Ajak Warga HST Andil Jaga Kamtibmas

Hasto Wardoyo menerangkan, salah satu yang perlu diperhatikan adalah Berat Badan Lahir Rendah (BBLR), lahir prematur dan juga satu lagi yang sangat sensitive terhadap pencegahan stunting baru adalah pengetahuan atau pendidikan ibu.

“Dengan inovasi-inovasi yang luar biasa dari daerah, harapan saya bisa menyasar faktor-faktor yang sensitif dalam rangka untuk menurunkan stunting maupun mempercepat kualitas SDM untuk menuju Indonesia Emas tahun 2045,” jelasnya.

Sementara, Bupati HST H Aulia Oktafiandi mengucapkan rasa syukur Kabupaten Hulu Sungai Tengah memperoleh penghargaan dari BKKBN RI atas keberhasilan dalam menurunkan Prevalensi Stunting Tertinggi.

Bupati Aulia mengatakan pihaknya berkomitmen penuh memerangi stunting di Kabupaten Hulu Sungai Tengah dengan melibatkan berbagai pihak, seperti Organisasi Perangkat Daerah, PKK, dan organisasi masyarakat.

“Kami selalu berkomitmen dan berada di garda terdepan menekan angka stunting, semua pihak dilibatkan agar program tersebut bisa berjalan maksimal,” jelasnya.

Bupati menyebut Kabupaten Hulu Sungai Tengah raih penghargaan dengan penurunan prevalensi Stunting Tertinggi dan satu-satunya Kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan.

“Mudah-mudahan ini menjadikan sebuah penghargaan dan menjadikan semangat Kabupaten Hulu Sungai Tengah untuk terus membangun Banua kita,” pungkasnya.(adv/ziha)

Editor : Amran