Jumat, September 17, 2021

Raperda Perseroda PDAM Bandarmasih Tunggu Kejelasan BPKP terkait Modal Pusat

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Pembahasan Raperda Perseroda PDAM Bandarmasih tinggal menunggu tahap finalisasi dan diprediksi segera dituntas menjadi Perda.

Ketua Pansus Raperda tersebut HM Faisal Hariyadi mengatakan, saat ini Raperda tersebut tinggal menunggu keputusan Badan Pengawasan dan Keuangan Pembangunan (BPKP), terkait soal kepemilikan modal pemerintah pusat.

Ia optimistis, pembahasan Raperda tersebut tuntas dan akan dijadikan Perda di tahun ini. “Semua sudah dibahas, jadi tinggal finalisasi dan ditetapkan menjadi Perda,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Umum PDAM Bandarmasih Hj Farida Arianti menuturkan, penyertaan modal pemerintah pusat yang ada di PDAM Bandarmasih sekitar Rp100,45 miliar.

“Soal modal ini yang nanti akan diperjelas dan menunggu surat atau formalitas dari BPKP. Jika jelas, akan segera dimasukan dalam Perda,” ujarnya.

Dikatakannya, perubahan badan hukum PDAM Bandarmasih menjadi Perseroda, karena menyesuaikan PP 54 / 2017 tentang BUMD dan UU 23 / 2014 tentang Pemda.

Walau menjadi Perseroda, Bu Ida – sapaan akrabnya, memastikan PDAM Bandarmasih tetap memperhatikan kebutuhan sosial dan kepentingan masyarakat. Sebab, pemilik modal adalah pemerintah daerah bukan dari swasta.

Kasubag Hukum dan Perundangan Setdako Banjarmasin Jepri Fransyah mengatakan, Raperda PDAM sudah hampir selesai, karena masuk ke pasal penutup.

“Hanya saja ada beberapa pasal yang dirembukan khususnya kepada BPKP, terkait
Permodalan pusat yang status belum ditetapkan masuk ke Pemko atau ke Pemprov,” jelasnya. (farid)

Editor : Amran

Related Articles

terbaru

TOPIK POPULER

IKUTI KAMI

1,763FansSuka
26,867PengikutMengikuti
582PelangganBerlangganan