Peringati Hari Pahlawan, Gubernur Kalsel Jadi Inspektur Upacara

BANJARBARU, klikkalsel.com – Peringatan Hari Pahlawan di Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) diperingati dengan upacara bendera dan pembacaan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia (RI) Tri Rismaharini oleh Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, Rabu (10/11/2021).

Upacara yang diikuti oleh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalsel beserta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) itu, digelar di halaman Kantor Gubernur Kalsel yang terletak di Banjarbaru.

Terlihat Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor mengenakan pakaian pejuang berwarna putih dan mengenakan sarung di pinggangnya. Sebagaimana ciri khasnya, dengan berdiri tegak memimpin upacara tersebut.

Paman Birin sapaan akrab, selaku inspektur upacara membacakan amanat Menteri Sosial RI Tri Rismaharini mengatakan, bahwa peringatan hari pahlawan dapat dijadikan refleksi tentang keteladanan dan keteguhan untuk menggapai harapan masa depan.

“Semangat, tekad, dan keyakinan pahlawan, harusnya dapat menginspirasi dan menggerakan kita semua dalam misi bersejarah mengalahkan musuh bersama yang sesungguhnya, yakni kemiskinan dan kebodohan dalam artian yang luas,” ujarnya Paman Birin sapaan membacakan amanat Menteri Sosial RI.

Hal itu, kata Paman Birin sudah sejalan dengan tema Peringatan Hari Pahlawan pada tahun 2021.

“Pahlawanku Inspirasiku,” tegasnya membacakan amanat Menteri itu.

Lebih lanjut, peringatan Hari Pahlawan juga sebagai momentum dalam rangka menumbuh kembangkan nilai – nilai persatuan, kepahlawanan dan kesetiakawanan sosial.

“Melalui Hari Pahlawan 2021 ini, marilah kita bersama bahu membahu dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggung jawab serta penghormatan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan, memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara sesuai kemampuan dan profesi masing-masing,” tutur Paman Birin dalam membacakan amanat tersebut.

Kemudian, dalam rangkaian peringatan Hari Pahlawan kali ini juga diserahkan sejumlah bingkisan kepada perwakilan untuk 36 orang veteran pejuang oleh Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor.

Selanjutnya rombongan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah menuju Taman Makam Pahlawan Bumi Kencana Landasan Ulin Banjarbaru guna meletakkan karangan bunga (tabur bunga).

Sebelumnya, Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalsel Siti Nuriyani menjelaskan, upacara peringatan Hari Pahlawan 2021 tersebut yang mengangkat tema Pahlawanku Inspirasiku di halaman kantor Gubernur Kalsel itu. dilaksanakan hanya di sebagian pegawai pemerintahan.

” Hanya 50 persennya saja, dari skpd yang berkantor di Banjarbaru,” ujarnya.

Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir kerumunan dan mengingat saat ini Kalsel masih dalam situasi pandemi Covid-19 yang mengharuskan pelaksanaan dilakukan dengan terbatas.

“Kita melaksanakan sesuai aturan dan tidak melanggar aturan protokol kesehatan Covid-19,” imbuhnya.

Hari peringatan pahlawan 2021 ini meski terbilang sederhana, ia pun berharap agar para generasi muda bisa meneladani perjuangan para pahlawan untuk memajukan bangsa.

“Saya harap generasi muda saat ini bisa terinspirasi dari jiwa para pahlawan yang berjuang tanpa pamrih untuk kemerdekaan bangsa Indonesia,” pungkasnya. (airlangga)

Editor: Abadi