Pendaftaran Parpol Peserta Pemilu 2024 Dimulai 1 Agustus

BANJARMASIN, klikkalsel.com – KPU Kalsel menggelar rapat koordinasi bersama partai politik (parpol), Kamis (29/7/2022). Rapat ini digelar menjelang tahapan pendaftaran partai politik peserta pemilu 2024 bergulir pada Agustus.

Komisioner KPU Kalsel Divisi Teknis dan Penyelenggara, Hatmiati menyampaikan tahapan pendaftaran akan dibuka dari 1 sampai 14 Agustus mendatang. Selanjutnya KPU akan melakukan verifikasi administrasi berkas hingga 11 September.

“Sebelum verifikasi faktual, berkas parpol dilakukan dulu verifikasi. Nanti akan ada perbaikan,” jelasnya.

Tahapan verifikasi faktual akan dilaksanakan pada 15 Oktober sampai 4 November mendatang. Saat itu, akan dilakukan verifikasi terhadap kantor sekretariat parpol dari kabupaten kota hingga provinsi, termasuk jumlah keterwakilan perempuan.

“Keterwakilan perempuan paling sedikit 30 persen pada kepengurusan parpol,” pungkasnya.

Diketahui saat ini sebanyak 38 parpol yang terdaftar di Sistem Informasi Politik (Sipol). Sementara parpol yang hadir saat rakor di KPU Kalsel berjumlah 27.

“Jadi masih ada 11 parpol yang belum hadir,” ujar Ketua KPU Kalsel, Sarmuji.

Sarmuji menambahkan, saat ini pendaftaran parpol masih berproses dan terpusat di KPU RI. Sehingga, apa saja dan berapa jumlah parpol yang ikut akan diketahui setelah pendaftaran.

Sementara, bagi sembilan parpol yang lolos verifikasi Pemilu 2019 dan lolos parliamentary threshold atau ambang batas parlemen, tidak mengikuti verifikasi faktual sebagaimana tahapan peserta pemilu serentak 2024.

Sembilan parpol tersebut, yakni PDIP, Golkar, Gerindra, PKB, NasDem, PKS, PAN, Demokrat, dan PPP. Sedangkan bagi parpol di luar parlemen termasuk parpol baru, akan dilakukan verifikasi baik faktual maupun administrasi. (rizqon)