PB FASI Kagumi Panorama Mandiangin di Kejurnas Gantole dan Paralayang

Peserta Kejurnas Gantole KTM Seri-2 dan Paralayang Open Gubernur Cup Kalimantan Selatan berfoto bersama dengan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor di area landasan terbang.

MARTAPURA, klikkalsel.com – Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau secara resmi membuka acara Kejuaraan Nasional Gantole KTM Seri-2 dan Paralayang Open Gubernur Cup Kalimantan Selatan di Tahura Sultan Adam Mandiangin, Kabupaten Banjar, Sabtu (11/11/2023).

Event ini diikuti 34 peserta gantole dan 24 paralayang dari berbagai provinsi di Indonesia.

Paman Birin, sapaan akrab gubernur, mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta yang datang dari berbagai wilayah yang ada di Indonesia. Tidak lupa juga ia juga mengucapkan terima kasih kepada Faderasi Aero Sport Indonesia (FASI) Kalsel yang telah sukses menggelar acara tersebut.

“Tentunya ini merupakan kebanggaan bagi kita masyarakat Kalimantan Selatan, untuk mengenalkan kekayaan alam yang kita miliki, salah satunya yakni Tahura Sultan Adam Mandiangin ini,” tuturnya

Menurutnya, pelaksanaan Kejurnas Gantole KTM Seri-2 dan Paralayang Open Gubernur Cup sudah sangat bagus. Akan tetapi Paman Birin berharap FASI Kalsel dapat terus menyelenggarakan event tidak hanya bertaraf nasional, tetapi juga internasional.

Baca Juga Beragam Budaya dan Seni Menyatu di Kiram Art Festival, Paman Birin: Merayakan Toleransi Keberagaman

Baca Juga FPTI Kalsel Kantongi 10 Kuota Atlet PON ke-XXI 2024 di Aceh

“Kita berharap tahun depan, karena disini ada Bapak Sekjen PB FASI, jadi mudah-mudahan Kalsel ditunjuk jadi tuan rumah, dan tentunya bila mandat tersebut ditunjukkan kepada kami, maka pemerintah dalam hal ini sangat mendukung agar event tahun depan bertaraf internasional,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekjen PB FASI Marsma TNI Tyas Nur Adi mengapresiasi atas terlaksananya kejurnas di Kalsel. Dia pun mengaku kagum dengan panorama alam di Tahura Sultan Adam Mandiangin.

“Awalnya, saya kira lokasinya biasa saja. Tetapi setelah dua hari dan hari pertama saya cek lokasinya, ternyata begitu sangat luar biasa indah dan tidak kalah saing dengan daerah-daerah lain, ini melebihi ekspektasi kita. Tentu saja, atas dukungan Paman Birin Kalsel saat ini begitu sangat maju seperti sekarang,” ujarnya.

Menurut Adi, tahun 2027 mendatang, Indonesia akan menjadi tuan rumah event paralayang dan gantole se-Asia Tenggara.

“Kita masih melihat dan meninjau lokasinya nantinya dimana. Mudah-mudahan Kalsel bisa menjadi salah satu pihan tuan pada event internasional tersebut,” tandasnya.

Sementara ketua FASI Kalsel, Vincentius Endy mengucapkan terima kasih kepada Paman Birin, Dishut Kalsel dan sejumlah pihak lainnya yang mendukung penuh pelaksanaan kejurnas.

“Kami berharap acara ini dapat terus kita laksanakan berkelanjutan ke depan, sehingga ini tidak hanya soal kompetisi, tetapi juga dapat mengenalkan tempat wisata-wisata yang dimiliki Kalimantan Selatan,” ujarnya.

Ketua Pelaksana Kejurnas, Syamsuri mengatakan, ada banyak peserta Gantole yang ikut dalam acara tersebut, yakni dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, DKI Jakarta, dan Sulawesi Selatan sebanyak 34 dan official sebanyak 9 orang.

“Sementara untuk Paralayang, pesertanya ada 24 yang datang dari Aceh, Sumatera Utara, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur dan Papua. Sementara dari Kalimantan Selatan sebanyak 14 penerbang,” pungkasnya. (rizqon)

Editor: Abadi