Memeras Dengan Mengancam Lapor Polisi, Warga Nawin Ini Malah Dipolisikan

RL alias IWI (36) ketika diamankan petugas kepolisian

TANJUNG, Klikkalsel.com – Polsek Tanjung beserta Satreskrim Polres Tabalong mengamankan seorang pria berinisial RL alias IWI (36) lantaran diduga melakukan pemerasan, Selasa (17/05/2022).

IWI merupakan warga desa Nawin Kecamatan Haruai Kabupaten Tabalong, ditangkap ketika sedang berada di kediamannya.

Kapolres Tabalong AKBP Riza Muttaqin, melalui PS Kasubsi Penmas Polres Tabalong Aipda Irawan Yudha P membenarkan penangkapan tersebut, Jumat (20/5/2022).

Kejadian bermula ketika IWI dengan sengaja mendatangi kediaman pelapor, ZA (38) dengan tujuan untuk mengambil sepeda motor matic milik ZA yang dianggap sebagai pengganti hutang piutang, dikarenakan pada tahun 2021 ZA pernah menghilangkan barang berupa kardus yang dititipkan kepadanya saat IWI menjalani hukuman karena kasus pencurian.

“Kardus yang menurut pengakuan IWI berisi pakaian, surat segel tanah, dokumen pengalaman kerja dan peralatan mobil,” ucapnya.

Baca Juga : Viral di Sosial Media, Mobil BPK Kembali Tabrak Pengguna Jalan dan Berujung Maut

Baca Juga : Kembali Tergenang Rob, Warga Jalan Bandarmasih Minta Solusi Pemko

Ia menjelaskan bahwa pelaku IWI telah berulang kali datang menemui ZA dan sudah mengambil sebuah sepeda motor sport, surat menyuratnya, 2 buah handphone dan sebuah sepeda gunung.

“Kalau kamu tidak bisa mengganti surat-surat milik saya atau menggantinya dengan uang senilai Rp70 juta, kamu akan saya laporkan perihal penggelapan” begitu ucapan IWI ketika mengancam ZA,” ujar Yudha.

Pelapor yang merasa diancam dan diperas berulangkali kemudian melapor kepada polisi. Reskrim Polsek Tanjung dibantu Satreskrim Polres Tabalong merespon laporan tersebut dan mengamankan pelaku.

“Pelaku RL alias IWI mengakui perbuatannya mengambil kesempatan atas kehilangan barang miliknya dan perbuatan tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan harian,” sambungnya.

Saat ini IWI sudah diamankan di Polres Tabalong serta turut disita satu buah sepeda motor warna abu-abu beserta STNK dan BPKB. (Dilah)

Editor: Abadi