Melalui Lomba Inovasi Ideathon Siswa Siswi Dapat Berkarya Bagi Banjarmasin

Juri Lomba Inovasi Banjarmasin Smart City Ideathom dan Kepala Dinas Kominfotik, Windiasti Kartika berfoto bersama dengan para pemenang lomba

BANJARMASIN, klikkalsel.com – Berbagai karya dari pelaksanaan lomba Inovasi Banjarmasin Smart City Ideathon, menarik perhatian Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Banjarmasin.

 

Lomba yang dilaksanakan selama tiga hari di Plaza Smart City Banjarmasin ini diikuti sebanyak 48 orang siswa dari delapan sekolah SMA dan SMK di Banjarmasin.

 

Dari tiga hari pelaksanaan tersebut, banyak karya-karya inovatif yang membuat para dewan juri kebingungan untuk menentukan siapa yang menjadi pemenang.

 

Namun dari keseluruhan, akhirnya para dewan juri menunjuk Senjar (Aplikasi Seniman Banjar) buah hasil kreatif dari siswa SMAN 7 Banjarmasin (B) yang keluar sebagai juara pertama.

 

Penyerahan hadiah kepada pemenang tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Diskominfotik, Windiasti Kartika.

Baca Juga : Popda Tahun 2023, Panjat Tebing Banjarmasin Hanya Kirimkan Satu Atlet, Berikut Alasanya

Baca Juga : Delapan Emas Mengantarkan Banjarmasin Juara Umum Cabor Renang di Popda Kalsel 2023

Ia mengatakan pengumuman pemenang lomba inovasi smart city kota Banjarmasin tahun 2023 itu sekaligus menutup kegiatan lomba tersebut.

 

“Alhamdulillah kalian sudah melewati 3 hari kegiatan ini dan mendapatkan bimbingan dari pada mentor, pembimbing dan juga bagaimana caranya kalian menuangkan ide ide kreatif terkait inovasi smart city di Kota Banjarmasin,” ujarnya, Sabtu (27/5/2023).

 

Ia pun menyampaikan bahwa ada 6 dimensi smart city yang diperlombakan. Yaitu, smart governance, smart economy, smart living, smart environment, smart society dan smart branding.

 

Windi mengungkapkan dalam penilaian akhir tersebut, para juri juga sempat kebingungan untuk menilai hasil dalam lomba itu.

 

“Para juri bingung memilih, karena semuanya bagus-bagus dan brilian ide-idenya. Saya bersyukur karena kalian bisa mengembangkan diri melalui acara ini,” bebernya.

 

Kegiatan lomba tersebut juga dikatakan Windi, bertujuan untuk mengembangkan bakat, minat serta kreativitas kepada semua anak anak SMA dan SMK sederajat kota Banjarmasin.

 

“Tentu saja akan semakin berkembang itu ada di tangan kalian bagaimana Banjarmasin, agar bisa menjadi berkembang kedepannya,” harapnya.

 

Ia juga berharap, apa yang sudah dikerjakan selama 3 hari dalam kegiatan bisa menghasilkan karya-karya yang bermanfaat untuk Kota Banjarmasin.

 

“Untuk pemenang mentoring untuk bisa di bantu nanti perwujudan atau realisasi ide-ide kreatif inovasi yang sudah dimunculkan di acara ini nanti kita akan audiensi dengan Pak Wali Kota. Sehingga pimpinan kota Banjarmasin ini mengetahui apa saja ide kreatif smart city ini,” pungkasnya.

 

Adapun pemenang dalam lomba tersebut adalah :

Juara 1 : SMAN 7 Banjarmasin (B), Senjar (Aplikasi Seniman Banjar)

Juara 2 : SMAN 1 Banjarmasin, Memaksimalkan Penggunaan Taman Budaya

Juara 3 : SMAN 7 Banjarmasin (A), Smart Halte Bus

Juara Harapan 1 : SMKN Banjarmasin (B), Health Care

Juara Harapan 2 : SMA Al Mazaya Banjarmasin (A), Nusapass (Aplikasi Perlindungan Data Masyarakat).(fachrul)

 

Editor : Amran