Kunker ke Perumahan KAT di Danau Canting HST, Mensos RI Tri Rismaharini Serahkan Bantuan Miliaran Rupiah

BARABAI,┬áKunker ke Perumahan KAT di Danau Canting HST, Mensos RI Tri Rismaharini Serahkan Bantuan Miliaran Rupiah – Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia, Tri Rismaharini melakukan kunjungan kerja (kunker) ke wilayah perumahan Komunitas Adat Terpencil (KAT) di dusun Danau Canting Desa Hinas Kiri Kecamatan Batang Alai Timur (BAT), Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Selasa (14/9/2021).

Dengan dikawal Polres HST, TNI, Pol PP dan segenap petugas, Menteri Risma tiba di Danau Canting sekitar pukul 14.10 Wita.

Kedatangannya disambut dengan Tarian Babangsai dan Tari Kanjar oleh Warga KAT Dayak Meratus, serta diberikan sambutan selamat datang oleh Bupati HST H Aulia Oktaviandi.

“Ini merupakan salah satu bentuk sinergitas antara Pemerintah Kabupaten dan warga HST,” ucap Aulia Oktaviandi.

Menurut dia, program KAT ini sudah direalisasikan sejak 1974 dan ada 14 Desa dari 3 Kecamatan yang sudah teranyomi oleh program tersebut.

“Semoga Program KAT ini terus berlanjut, sehingga warga terisolir dapat juga merasakan pembangunan dan kemajuan,” harapnya.

Dalam kesempatan itu, walikota Surabaya periode 2010-2020 ini menyerahkan bantuan bernilai miliaran rupiah.

Tri Rismaharini menyerahkan bantuan sosial, berupa dana hibah untuk peralatan sekolah dan peralatan pertanian. Kemudian bantuan donasi pelanggan Indomaret peduli KAT berupa sarana air bersih, MCK, penghijauan, balai sosial dan penerangan lampu tenaga surya hemat energi (LTSHE) yang diterima masyarakat secara simbolis.

Selain itu juga akan diserahkan bantuan APBN Pemberdayaan KAT lokasi khusus berupa pembangunan community center dan perlengkapannya, sarana air bersih dan stimulan usaha kepada masyarakat.

“Semua ini untuk kesejahteraan rakyat,” tuturnya.

Lebih lanjut, penerima dari bantuan tersebut merupakan warga KAT Suku Dayak Meratus sejumlah 78 KK/280 jiwa yang terhimpun dalam Program Pendamping Sosial Komunitas Adat Terpencil (KAT) Kementrian Sosial RI.

“Kita akan upayakan membantuluhkan masyarakat, khususnya warga KAT agar mereka juga bisa mendapatkan akses kemudahan,” katanya.

Risma juga turut mendapat buah tangan dari warga KAT berupa bakul, gelang simpai dan beragam lainnya. (dayat)

Editor : Akhmad

Related Articles

Trending

Terbaru

IKUTI KAMI

1,763FansSuka
26,867PengikutMengikuti
582PelangganBerlangganan